6 Vitamin untuk Kulit yang Perlu Diketahui Beserta Manfaatnya

vitamin untuk kulit

Vitamin diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit. Kulit yang sering terpapar sinar matahari atau terkena polusi dan debu dapat menyebabkan kulit mudah rusak. Untuk menjaga kesehatan kulit, Anda bisa mengonsumsi vitamin untuk kulit.

Umumnya, dokter akan menyarankan agar menghindari hal-hal yang menyebabkan kulit menjadi mudah rusak. Seperti melindungi kulit dari paparan sinar matahari terlalu lama. Dan gunakan sunscreen ketika beraktivitas di luar ruangan agar kulit terlindungi.

selain itu, biasanya akan direkomendasikan juga untuk mengonsumsi vitamin untuk kulit agar mencegah munculnya bintik hitam, garis kasar di kulit, keriput, hingga mencegah kulit kering. Apa saja vitamin yang baik untuk kulit?

Jenis-jenis Vitamin untuk Kulit

Selain vitamin yang dioleskan, penting juga untuk mendapatkan vitamin yang dikonsumsi. Setidaknya ada 6 jenis vitamin yang baik untuk kulit. Berikut penjelasannya.

  • Vitamin A

Vitamin A mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kulit akibat paparan sinar matahari.

Saat kulit mendapatkan asupan vitamin A yang cukup, maka kulit akan terhindar dari penuaan dini, muncul kerutan, hingga jerawat. Vitamin A juga dapat meningkatkan produksi kolagen.

Vitamin A bisa didapat melalui makanan tertentu, misalnya sayuran hijau, wortel, telur, pepaya, mangga, hingga ubi.

Anda bisa juga mendapatkan asupan vitamin A dari krim atau serum khusus yang digunakan dari luar.

  • Vitamin B

Vitamin B kompleks merupakan vitamin yang juga penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit bahkan rambut. Vitamin B yang dimaksud seperti thiamin, riboflavin, niacin, pantothetic acid, biotin, folic acid, cobalamin, hingga pyridoxine.

Vitamin-vitamin yang tergolong dalam vitamin B kompleks ini punya peran penting untuk meregulasi metabolisme sel tubuh. Selain itu, juga berperan menyediakan energi yang diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Vitamin B kompleks bisa ditemukan pada produk susu dan turunannya, telur, daging ayam, buah dan sayur, dan sebagainya.

  • Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang baik untuk kulit karena bersifat antioksidan. Vitamin C ini berguna menangkal radikal bebas yang terjadi pada kulit serta mencegah terjadinya kanker kulit.

Bahkan, vitamin C disebut juga berguna merangsang produksi kolagen sehingga membuat elastisitas kulit terjaga. Kelenturan kulit akan terjaga jika kebutuhan vitamin C kulit terpenuhi, meskipun kulit sering terpapar sinar matahari.

Vitamin C ini bisa didapat dari buah-buahan seperti stroberi, jeruk, brokoli, hingga bayam. Anda juga mencukupi kebutuhan vitamin C dengan konsumsi suplemen yang mengandung vitamin C. Konsumsi sesuai dengan anjuran dokter.

  • Vitamin D

Vitamin D ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Bahkan, vitamin D ini baik untuk pengobatan penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya ruam merah, bersisik, kering, dan tebal atau disebut juga dengan psoriasis.

Vitamin D ini bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi seperti ikan sarden, salmon, sereal, telur, serta susu bubuk yang mengandung vitamin D. Sinar matahari pagi juga bisa membantu produksi vitamin D alami dalam tubuh.

  • Vitamin E

Satu lagi vitamin untuk kulit yang memiliki sifat antioksidan yaitu vitamin E. Fungsinya  untuk melindungi kulit dari radikal bebas, menjaga kelembapan kulit, menunda proses penuaan.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E ini, bisa didapat dari asupan makanan seperti kacang-kacangan dan bijian seperti hazelnut, almond, maupun biji bunga matahari. Selain dari makanan, bisa juga dengan mendapatkan vitamin E dari suplemen.

  • Vitamin K

Vitamin K termasuk vitamin untuk kulit yang berguna untuk menyembuhkan jondisi kulit tertentu seperti bekas luka, stretch mark, kantung mata, hingga bintik hitam. selain untuk kulit vitamin K juga berguna bagi tubuh, yaitu untuk membantu pembekuan darah dalam proses penyembuhan luka, lebam, maupun bekas operasi.

Vitamin K bisa didapat dari konsumsi makanan seperti sayuran hijau, minyak nabati, hingga biji-bijian. Selain dari makanan, vitamin ini juga bisa didapat dari krim kulit yang terdapat kandungan vitamin K.

Memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit bisa dengan mengonsumsi makanan yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, bisa juga didapat dari suplemen dan krim kulit. Untuk penggunaannya, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan produk yang akan Anda gunakan atau konsumsi aman dan cocok untuk kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *