Alasan Sabun Bayi Disarankan untuk Membersihkan Vagina

Saat ini ada banyak pilihan sabun pembersih organ kewanitaan yang ditawarkan, khususnya yang memakai bahan kapur sirih. Sayangnya menurut dokter kandungan, penggunaan sabun seperti itu tidak disarankan. Belakangan, muncul narasi bahwa sabun bayi hadir sebagai alternatif yang aman untuk itu.

Hampir semua kalangan medis sepakat bahwa penggunaan sabun pembersih organ kewanitaan bisa “merusak” kondisi alami vagina. Sebenarnya, tak perlu sabun pun, organ intim wanita secara alami bisa menjaga keseimbangan floralnya (bakteri baik dan jahat).

Lantas, apa sih alasan mengapa belakangan sabun bayi dikatakan aman dan malah disarankan penggunaannya untuk membersihkan vagina?

  • Tidak Menyebabkan Iritasi

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan iritasi pada vagina, salah satunya adalah penggunaan sabun yang mengandung bahan-bahan yang tidak cocok dengan kondisi kelembapan dan pH di area sensitif tersebut.

Nah beruntungnya, sabun bayi diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang sensitif dan itu sudah terbukti tidak memberikan efek berbahaya pada mereka. Dari sanalah kalangan medis berpendapat bahwa sabun bayi sangat aman digunakan untuk area vagina.

  • Kandungannya Sangat Lembut

Sabun bayi diformulasikan secara khusus untuk menjaga kulit bayi, yang masih sangat sensitif. Ia tercipta dari serangkaian bahan baku dan kandungan yang sangat lembut dan aman untuk kulit bayi. Jika Anda mencari sabun yang memiliki kandungan yang tidak berbahaya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan vagina tentunya tidak ada pilihan yang lebih baik dari sabun bayi.

  • Komposisinya Menggunakan Bahan Alami

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya di mana sabun bayi tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga aman untuk menjaga keseimbangan pH dan kelembapan vagina. Hal ini didukung oleh deretan komposisi yang berasal dari bahan-bahan alami yang tentunya juga baik untuk kesehatan area-area sensitif pada kulit manusia, termasuk di sekitar kemaluan wanita.

  • Cocok untuk Merawat Kesehatan Area Sensitif

Kulit di sekitar vagina termasuk sangat sensitif, kendati kondisinya tidak sama dengan sensitifnya kulit bayi. Namun, karena sabun bayi saja aman untuk kulit bayi yang sensitif, hal ini tentu berlaku juga bagi kulit di sekitar vagina.

  • Kandungan pH-nya Sangat Aman untuk Area Vagina

Ada banyak manfaat pH dalam tubuh, termasuk vagina.  Fungsi pH di area sekitar vagina berfungsi untuk menjaga keseimbangan sistem floral di area tersebut. Kondisi ini bisa saja terganggu jika penggunaan pembersih yang mengandung bahan-bahan kimia.

Sementara itu, sabun bayi mengandung pH yang sangat aman untuk kulit sensitif bayi dan juga sudah terbukti aman utnuk area vagina karena tidak menganggu sistem keseimbangan floralnya.

  • Tidak Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Keseimbangan floral pada area vagina bisa saja terganggu jika menggunakan sabun pembersih yang mengandung bahan-bahan kimia. Sementara sabun bayi yang diformulasikan khusus untuk menjaga kulit bayi agar tetap lembut dan sehat tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

  • Tidak Berbau atau Berpewangi

Salah satu ciri khas dari sabun bayi adalah tidak memiliki bau khusus atau berpewangi. Hal ini justru cocok untuk menjaga area vagina karena itu artinya tidak ada tambahan bahan kimia pada sabun bayi yang dapat membahayakan kondisi area sekitar vagina yang sensitif.

***

Sebenarnya membersihkan daerah sekitar vagina cukup dengan air ber-pH netral saja. Pakai sabun bayi sangat disarankan, karena pH-nya aman. Apalagi jika area kewanitaan Anda sensitif, disarankan Anda menggunakan sabun bayi untuk membersihkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *