Apa Itu Latihan Isometrik dan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh?

Mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu latihan isometrik. Namun, tahukan Anda bahwa begitu banyak manfaat dari latihan isometrik yang baik bagi kesehatan tubuh. Aktivitas fisik ini tentunya memerlukan sebuah konsistensi dari diri Anda untuk melakuan rutinitas kebugaran ini. 

Pada artikel ini, akan dibahas tentang apa itu latihan isometrik dan apa saja manfaat dari latihan ini. Yuk, simak penejelasan lengkapnya di bawah ini. 

Apa itu latihan isometrik?

Latihan isometrik melibatkan pengaktifan atau kontraksi otot Anda tanpa benar-benar mengubah posisi sendi yang biasanya digerakkan oleh otot. Selama latihan isometrik, ketegangan dibuat di tendon otot yang diaktifkan tetapi otot itu sendiri tidak memendek atau memanjang. 

Menempatkan telapak tangan Anda di bawah meja yang berat dan mengangkat ringan ke atas adalah contoh latihan isometrik bisep. Karena siku Anda tidak bergerak saat Anda melakukan ini, Anda tidak memperpendek atau memperpanjang serat otot. Namun, Anda masih mengaktifkan otot bisep dan dengan demikian menciptakan beban melalui tendon otot. 

Ini membedakan penguatan isometrik dari bentuk latihan lainnya. Dengan latihan konsentris, otot memendek saat latihan dilakukan. Salah satunya adalah melakukan biceps curl dengan dumbbell

Sebaliknya, latihan eksentrik melibatkan pemanjangan otot (seperti memegang dumbel di tangan Anda dengan siku ditekuk dan perlahan membiarkan lengan diluruskan). Meskipun setiap jenis kontraksi memiliki tujuan khusus, ada banyak keuntungan berbeda dari latihan isometrik. 

Manfaat latihan isometrik bagi kesehatan

Menurunkan tekanan darah

Salah satu keuntungan terbesar dari latihan ini adalah ketahanan isometrik terletak pada kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah. Beberapa orang dewasa sehat berusia 18 tahun ke atas yang berpartisipasi dalam penguatan isometrik regular selama lebih dari delapan minggu mengalami penurunan secara klinis pada tekanan darah sistolik dan diastolik serta tekanan arteri. 

Namun, sebelum melakukan latihan ini ada baiknya untuk mengonsultasikan dengan dokter jika Anda menderita tekanan darah tinggi. Anda bisa melakukan latihan berikut:

  • Gunakan lengan dominan Anda untuk memegang benda yang kokoh (seperti bola bisbol) di telapak tangan Anda. 
  • Cobalah mengepal benda itu selama dua menit berturut-turut menggunakan sekitar 30 persen dari total usaha Anda. 
  • Selesaikan lakukan ini empat kali dalam satu sesi dan setidaknya tiga kali setiap minggunya.

Mengurangi rasa sakit

Manfaat lain dari latihan ini adalah kemampuannya untuk mengurangi keparahan nyeri yang Anda alami. Melakukan latihan isometrik mengalami lebih sedikit rasa sakit selama dan setelah melakukan kontraksi. Cobalah latihan di bawah ini jika Anda mengalami nyeri di bagian depan lutut:

  • Duduklah di kursi dengan ikat pinggang melingkar kaki bagian bawah dan salah satu kaki kursi. 
  • Tendang ikat pinggang seolah-olah Anda mencoba untuk merenggangkan kaki Anda. 
  • Tahan kontraksi atau rasa nyeri selama dua hingga lima menit lalu kendurkan lutut Anda. 
  • Lakukan gerakan ini secara rutin. 

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat latihan isometrik termasuk mengurangi lemak dan berat badan. Dalam kelompok uji, beberapa subjek kehilangan berat sebanyak 22 pon selama periode 4 minggu. 

Mengurangi sakit punggung

Isometrik mengurangi nyeri dan meningkatkan vitalitas pada wanita dengan nyeri punggung bawah, dengan efek yang berlangsung setidaknya 9 bulan. Namun, Anda perlu melakukan latihan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan. 

Dapatkan otot lebih kuat dan lebih besar

Latihan isometrik dikaitkan dengan peningkatan massa otot, kekuatan tubuh bagian atas dan bawah, peningkatan kepadatan tulang, dan penurunan risiko patah tulang. 

Namun, sebelum melakukan latihan isometrik penting untuk mengonsultasikan dengan dokter Anda sebelum mencobanya. Hal ini untuk menghindari cedera atau trauma baru atau masalah lain terkait latihan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *