Apa Penyebab Pasti Dari Kanker Usus?

Kanker usus adalah jenis kanker yang dimulai di usus besar, usus besar sendiri adalah bagian akhir dari saluran pencernaan Anda. Kanker usus besar biasanya menyerang orang dewasa yang lebih tua, namun juga bisa terjadi pada usia berapa pun.

Kanker usus besar kadang-kadang disebut kanker kolorektal, yaitu istilah yang menggabungkan kanker usus besar dan kanker rektal, yang dimulai di rektum. Kanker usus terbentuk ketika DNA dalam sel di usus besar atau rektum Anda mengalami mutasi yang membuat mereka tidak dapat mengontrol pertumbuhan dan pembelahan.

Berikut penyebab atau resiko yang diketahui untuk kanker usus:

  • Riwayat keluarga: Meskipun alasannya tidak jelas di semua kasus, gen yang diturunkan, faktor lingkungan bersama, atau kombinasi dari pengaruh ini dapat meningkatkan resiko Anda memiliki kanker usus.
  • Sindrom turunan: Dua sindrom bawaan paling umum yang terkait dengan kanker usus adalah poliposis adenomatosa familial (FAP) dan kanker kolorektal non-poliposis herediter (HNPCC). Sindrom lain yang dapat meningkatkan resiko berkembangnya kanker usus termasuk Sindrom Lynch, Sindrom Turcot, dan Sindrom Peutz-Jeghers.
  • Diet: Diet tinggi daging merah dan olahan (mis., Daging sapi, domba, hot dog) dapat meningkatkan resiko kanker usus. Metode memasak daging pada suhu yang sangat tinggi dapat menciptakan bahan kimia yang juga dapat meningkatkan resiko. Gaya hidup tidak aktif: Individu yang menjalani gaya hidup tidak banyak bergerak memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan kanker usus.
  • Merokok: Beberapa zat penyebab kanker yang terkait dengan merokok dapat tertelan, berpotensi meningkatkan resiko Anda terkena kanker usus.
  • Penggunaan alkohol: Penggunaan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan resiko kanker usus.
  • Obesitas: Kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko terkena kanker usus.
  • Diabetes tipe II: Kondisi ini dikaitkan dengan resiko kanker rektal yang lebih tinggi dan juga dapat mempengaruhi prognosis Anda.

Sebenarnya, peneliti masih mempelajari penyebab dari kanker usus. Kanker dapat disebabkan oleh mutasi genetik, baik yang diturunkan atau didapat. Mutasi ini tidak menjamin Anda akan mengembangkan kanker usus, namun hal tersebut dapat meningkatkan peluang Anda memiliki kanker usus.

Beberapa mutasi dapat menyebabkan sel abnormal menumpuk di lapisan usus besar Anda, dan membentuk polip. Kondisi ini masih merupakan pertumbuhan kecil yang jinak. Menghilangkan pertumbuhan polip melalui operasi bisa menjadi tindakan pencegahan, karena polip yang tidak diobati bisa menjadi kanker usus.

Penyebab pasti dari kanker usus masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun Anda dapat melakukan perubahan gaya hidup untuk mengurangi resiko pada kanker usus besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *