Begini Cara Mengatasi Mata Merah Secara Efektif

Pernahkah Anda memperhatikan kondisi mata Anda yang tiba-tiba memerah? Kondisi mata merah umumnya disebabkan oleh mata kering.

Mata kering adalah kondisi yang mana seseorang tidak memiliki produksi air mata yang cukup untuk membasahi area mata. Dalam kondisi normal, mengedipkan mata merupakan proses untuk mendistribusikan air mata ke seluruh permukaan mata (kornea). Nantinya, air mata ini akan melumasi dan membersihkan mata dari risiko infeksi atau benda asing, serta menyediakan lapisan mulus pada kornea, sehingga kemampuan penglihatan Anda menjadi lebih optimal.

Dari sekian banyak air mata yang dialirkan pada permukaan mata, terdapat sisa air mata yang mengalir melalui saluran di ujung hidung yang akan mengarah pada hidung bagian belakang. Kondisi mata kering terjadi ketika produksi air mata maupun proses mengalirkan air mata menuju hidung tadi terhambat.

Apa yang menyebabkan mata kering?

Secara umum, kondisi air mata, baik jumlah atau kualitas, dapat memicu kondisi mata kering.

  • Kualitas air mata yang tidak baik

Air mata itu sendiri terbentuk atas lapisan minyak, air, dan juga lendir. Masing-masing unsur tersebut berpengaruh dalam menjaga kelembaban permukaan mata. Peran lapisan minyak ini adalah sebagai pelindung agar penguapan lapisan air dapat dicegah. Sementara itu, lapisan lendir berguna dalam menyalurkan air mata ke seluruh bagian kornea mata. Apabila keseluruhan unsur tersebut bekerja tidak seimbang, maka kondisi ini berisiko menyebabkan mata kering.

  • Jumlah air mata yang tidak memenuhi kebutuhan

Perlu Anda tahu, bahwa produksi air mata manusia akan menurun, seiring dengan seseorang bertambah usia. Selain itu, faktor lain seperti penyakit tertentu dan efek samping obat, juga dapat berpengaruh pada jumlah produksi air mata.

Contoh penyakit yang dapat mengurangi produksi air mata, antara lain gangguan tiroid, diabetes, rheumatoid arthritis, dan radang kelopak mata. Sedangkan, beberapa obat yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsinya, adalah obat alergi, tekanan darah tinggi, dan dekongestan. Terdapat pula faktor lain yang mempengaruhi produksi air mata ini, yaitu paparan angin dan cuaca kering. Faktor lingkungan tersebut dapat meningkatkan proses penguapan air mata.

Bagaimana cara mengatasi mata merah akibat mata kering secara efektif?

Mengatasi mata merah akibat kondisi mata kering, dapat Anda lakukan dengan beberapa cara, antara lain:

  • Meningkatkan produksi air mata dengan mengonsumsi obat tertentu yang memiliki tujuan untuk meningkatkan produksi air mata tersebut. Selain itu, mengonsumsi asam lemak Omega-3 juga mendorong produksi air mata.
  • Menambah air mata yang dapat dilakukan dengan menggunakan obat air mata artifisial yang banyak beredar di pasaran. Obat tetes mata ini hanya dapat digunakan seperlunya dan dapat pula dijadikan suplemen untuk memproduksi ASI.
  • Melakukan penghambatan pada aliran air mata. Dengan cara ini, air mata akan lebih lama tertahan di atas mata dan mengurangi risiko mata kering. Jika Anda memilih cara ini, Anda membutuhkan alat sumbat tertentu, seperti gel atau silikon yang akan digunakan untuk menghambat saluran air mata. Di samping itu, cara ini juga membutuhkan prosedur operasi untuk mengangkat saluran pembuangan air mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *