Berbagai Manfaat Teh Saffron untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Teh Saffron untuk Kesehatan

Saffron adalah bumbu yang berasal dari bunga crocus sativus Linné. Crocus tumbuh di Timur Tengah dan sebagian Eropa, paling sering dibudidayakan di Iran, India, dan Yunani. Saffron juga telah digunakan untuk keperluan kuliner untuk menambah warna dan rasa pada makanan, sebagai pewarna kain, dan bahan pewangi. Seperti banyak bumbu dan rempah lainnya, saffron dapat dibuat sebagai teh dan memiliki berbagai manfaat.

Saffron crocus tumbuh hingga 20 hingga 30 cm. Butuh waktu tiga tahun sejak ditanam sebagai benih agar crocus menghasilkan bunga. Setiap tanaman menghasilkan sekitar tiga hingga empat bunga, dan setiap bunga memiliki sekitar tiga stigma.

Saffron merupakan salah satu rempah termahal di dunia karena harus dipanen dengan tangan. Diperlukan juga sejumlah besar bunga dan stigma kering untuk membuat 1 kilogram saffron. Bumbu ini memiliki sejarah yang panjang. Secara historis, orang menggunakannya untuk mengobati daftar panjang kondisi kesehatan, termasuk:

  • Kesulitan buang air kecil
  • Masalah menstruasi
  • Gangguan mata
  • Bisul
  • Masalah perut
  • Tumor
  • Gangguan mental

Lalu bagaimana dengan manfaat teh saffron? Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi teh saffron:

1. Antidepresan

Saffron dijuluki “bumbu sinar matahari”. Dan itu bukan hanya karena warnanya yang merah dan terkadang kuning, bumbu ini dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan mood. Satu studi yang lebih tua di Journal of Ethnopharmacology menemukan saffron sama efektifnya dengan obat fluoxetine (Prozac) dalam mengobati depresi ringan hingga sedang.

2. Kesehatan jantung

Saffron memiliki banyak komponen kimia yang berbeda. Beberapa di antaranya dapat membantu mengurangi tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Sehingga mengkonsumsi teh saffron dapat memberikan Anda manfaat sebagai obat pencegahan resiko penyakit jantung.

3. Pengobatan PMS

Sindrom pramenstruasi (PMS) dapat menyebabkan berbagai gejala tidak nyaman, mulai dari perubahan suasana hati hingga ketidaknyamanan fisik. Manfaat teh saffron antara lain bisa memberikan kelegaan saat PMS.

4. Meningkatkan memori

Saffron mengandung dua bahan kimia, crocin dan crocetin, yang diyakini para peneliti dapat membantu fungsi belajar dan memori. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa saffron berpotensi dalam mengobati penyakit yang mempengaruhi otak, seperti Alzheimer dan Parkinson.

5. Pencegahan kanker

Saffron kaya akan antioksidan dan flavonoid. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari zat berbahaya. Flavonoid adalah bahan kimia yang ditemukan pada tanaman yang membantu tanaman melindungi dirinya dari jamur dan penyakit.

Teh saffron memiliki berbagai manfaat dan bisa disajikan dengan cara biasa, dengan merendam benang dalam air panas. Tetapi bumbu tersebut memiliki rasa yang kuat dan pahit. Untuk alasan ini, banyak resep menampilkan ramuan yang dipasangkan dengan berbagai cara berbeda. Anda bisa mencampurkannya dengan daun teh, atau menambahkan bumbu dan rempah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *