Pahami Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan, Syarat, dan Fasilitasnya

Pahami Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan, Syarat, dan Fasilitasnya

Cara turun kelas BPJS Kesehatan menjadi salah satu langkah yang tepat agar Anda tetap rutin membayar iuran meski pemerintah memutuskan untuk mengurangi bantuan iuran bagi setiap peserta BPJS Kesehatan kelas III PBPU dan BP. Besaran iuran yang dimaksud ialah Rp 7.000 per orang. Sebelumnya, pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp 16.500. per orang.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena BPJS Kesehatan membolehkan masyarakat untuk mengganti kelas kepesertaan sesuai kemampuan iuran per bulan. 

Simak Syarat turun kelas BPJS Kesehatan

  • Pertama-tama pastikan bahwa peserta JKN-KIS harus terdaftar minimal satu tahun pada kelas iuran.
  • Yang terpenting adalah status kartu BPJS Kesehatan harus aktif. Artinya, tidak memiliki tunggakan pembayaran bulanan. 
  • Status kelas baru akan berubah di bulan selanjutnya apabila peserta melakukan perpindahan pada bulan berjalan. 
  • Selanjutnya, perubahan status kelas tersebut berlaku untuk seluruh anggota keluarga yang tergabung dalam satu Kartu Keluarga.
  • Selain itu, perlu diperhatikan bahwa turun kelas hanya bisa dilakukan oleh peserta mandiri atau pekerja bukan penerima upah.

Syarat lainnya

  • Anda perlu mengisi data secara lengkap pada formulir perubahan data peserta yang didapat melalui Aplikasi Mobile JKN atau kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.
  • Siapkan kartu keluarga, kartu (KK) peserta BPJS Kesehatan, dan kartu tanda penduduk (KTP).

Bagaimana cara turun kelas BPJS Kesehatan secara online?

BPJS Kesehatan memperbolehkan masyarakat untuk menurunkan kelas kepesertaan untuk bisa disesuaikan dengan kemampuan pembayaran iuran perbulannya. Ikuti cara ini.

  1. Anda perlu men-download Aplikasi Mobile JKN yang terdapat di Appstore untuk mengguna Ios ATAU Google Play Store untuk pengguna Android.
  2. Buatlah akun dengan cara yang mudah. Anda hanya perlu memilih menu “Daftar”, lalu pilihlah “Aktivasi Akun”. Kemudian, Anda perlu mengisi data diri seperti nomor peserta BPJS, NIK, hingga e-mail. 
  3. Selanjutnya, registrasi akun dengan meng-klik tombol “Registrasi”. Kemudian, masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke e-mail Anda. Segeralah cek email untuk memasukkan 5 digit kode yang sudah ditentukan. Apabila sudah terdaftar, segeralah log in pada akun tersebut.
  4. Pada homepage aplikasi JKN, terdapat opsi “Ubah Data Peserta”, lalu pilihlah opsi “Kelas” dan gantilah dengan kelas yang Anda ingin pilih. 

Apabila sudah berhasil mengganti atau turun kelas sesuai panduan tersebut, jangan lupa untuk membayar iuran yang sudah ditetapkan secara rutin. 

Apa saja fasilitas yang didapat pada kelas III BPJS Kesehatan?

Perlu diketahui bahwa fasilitas BPJS adalah layanan medis yang akan melayani klaim peserta BPJS Kesehatan. Fasilitas tersebut bisa berupa rumah sakit, klinik puskesmas, ataupun dokter umum. 

Pada umumnya, tempat atau pelayanan bagi penerima fasilitas kesehatan tingkat tiga ialah berupa rumah sakit, klinik, puskesmas, ataupun dokter sub-spesialis. 

Lebih lanjut, iuran BPJS Kesehatan kelas III sebesar Rp 35.000 per bulannya (untuk keanggotaan BPJS mandiri/perorangan). Berikut ini adalah fasilitas yang disediakan:

  • Konsultasi dokter
  • Pemeriksaan penunjang seperti laboratorium, radiologi (rontgen), dan sebagainya.
  • Bahan dan alat medis habis pakai.
  • Akomodasi atau kamar perawatan.
  • Juga biaya lainnya terkait pelayanan kesehatan pada pasien

Sebagai informasi, serangkaian perawatan tersebut bakal didapatkan pasien dari mulai hingga selesai atau keluar rumah sakit. Besar dan kecilnya tarif pun tidak dipengaruhi oleh jumlah hari perawatan pasien kelas III BPJS Kesehatan. 

Karena itu, dengan memahami cara turun kelas BPJS Kesehatan, Anda tidak akan kesulitan lagi untuk memilih kelas serta besaran iuran sesuai kemampuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *