Manfaat Eksfoliasi Wajah yang Harus Diketahui

Manfaat Eksfoliasi Wajah yang Harus Diketahui

Eksfoliasi wajah merupakan suatu metode yang bertujuan mengelupas sel kulit mati dan mengangkat kotoran dari kulit wajah. Perawatan wajah ini juga akan mendorong pembentukan lapisan sel kulit baru sehingga kulit terlihat lebih sehat dan cerah.

Manfaat Eksfoliasi Wajah

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dari melakukan eksfoliasi wajah, antara lain:

1. Membersihkan Pori-pori

Melakukan eksfoliasi akan mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori. Kotoran yang tersumbat di pori-pori akan memicu timbulnya komedo. Bukan hanya itu saja, pori-pori yang tersumbat akan membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum yang bisa menimbulkan jerawat.

Saat kamu melakukan eksfoliasi, maka lapisan kulit mati paling atas akan terkelupas. Lapisan kulit mati tersebutlah yang berperan menyumbat pori-pori dan memunculkan komedo putih (whiteheads). Menggunakan eksfoliator yang tepat juga akan mampu menjaga agar pori-pori kamu tidak lagi tersumbat.

2. Mencegah Jerawat

Eksfoliasi mampu membersihkan wajah dari kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori. Kotoran yang sudah terangkat akan membantu mengurangi sekaligus mencegah jerawat. Namun bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat, lakukan eksfoliasi dengan lembut. Dan pilih scrub yang cocok untuk kulit sensitif.

3. Membuat Skincare Bekerja Lebih Efektif

Penumpukan sel kulit mati akan menjadi penghalang antara kulit dan skincare, karena itu penting melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah lapisan sel kulit mati dan kotoran terangkat, maka tidak ada lagi pori-pori yang tersumbat. Hal ini membuat wajah lebih mudah menyerap bahan aktif dari produk skincare yang kamu gunakan, baik itu krim, serum ataupun pelembab.

Bukan hanya skincare saja, rutin melakukan perawatan wajah ini juga membantu membuat make up menjadi lebih tahan lama.

4. Meratakan Warna Kulit

Bintik hitam, kulit wajah yang kasar, hiperpigmentasi dan bekas jerawat menjadi masalah yang memusingkan bagi setiap wanita. Anda bisa melakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali secara rutin guna menghilangkan bintik-bintik hitam, bekas jerawat serta membantu meratakan warna kulit. Sehingga kulit akan terlihat lebih cerah.

5. Mengurangi Tanda Penuaan

Rutin melakukan eksfoliasi akan membantu merangsang produksi kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit serta meningkatkan keelastisitasan kulit. Hal tersebut bisa membantu kamu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Cara Melakukan Eksfoliasi Wajah yang Benar

Meski memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, namun kamu harus memerhatikan beberapa hal. Karena jika salah, maka bisa saja kamu justru iritasi. Berikut beberapa cara melakukan eksfoliasi yang benar.

1. Gunakan Produk yang Tepat

Saat memilih produk eksfoliasi wajah, maka pilih yang sesuai dengan kondisi kulit kamu. Misalnya, jika kamu memiliki kulit sensitif, maka pilih produk eksfoliasi yang cocok untuk kulit sensitif dan tidak mengandung bahan kimia seperti paraben. 

2. Jangan Terlalu Sering

Banyak yang mengira jika sering melakukan eksfoliasi maka hasil yang didapatkan akan semakin cepat. Padahal melakukan eksfoliasi dengan sering akan membuat kulit kamu iritasi, kering dan muncul sensasi terbakar pada kulit wajah. Lakukan eksfoliasi wajah tidak lebih dari dua kali seminggu.

3. Gunakan Pelembab

Setelah melakukan eksfoliasi pastikan kamu benar-benar membilas bekas produk atau scrub dari wajah dan keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih. Dan terpenting gunakan pelembab setelah melakukan eksfoliasi guna mempertahankan kelembaban pada kulit wajah. Gunakan juga tabir surya jika kamu ingin keluar rumah.

Tahapan Eksfoliasi Wajah

  • Bersihkan wajah dengan pembersih dan air hangat.
  • Saat kulit masih lembab, oleskan scrub pada wajah.
  • Gosokkan lembut dengan gerakan melingkar hingga merata ke seluruh wajah dan diamkan 30 detik lalu bilas dengan air hangat.
  • Keringkan wajah dengan handuk lalu oleskan pelembab atau serum sesuai dengan jenis kulit kamu.

Pilihlah produk eksfoliasi wajah yang tepat agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *