Bukan Hanya Sesak Napas, Perhatikan Pula Gejala Asma Ini

Bukan Hanya Sesak Napas, Perhatikan Pula Gejala Asma Ini

Asma merupakan kondisi ketika saluran pernapasan mengalami peradangan disertai dengan produksi lendir yang berlebih di salurannya. Alhasil, seseorang yang mengalami kondisi ini akan mengalami kesulitan bernapas, yang biasanya terjadi ketika serangan asma kumat. Apa yang membedakan gejala asma dengan batuk biasa?

Ya, asma merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan, namun tetap bisa dikontrol. Asalkan Anda bisa mengelola stres serta menghindari alergi ataupun flu dan pilek, risiko serangan asma bisa dikurangi. Hanya saja, bukan berarti Anda lantas bisa mengabaikan gejala asma. Pasalnya, gejala asma bisa tetap ada pada penderita yang memiliki riwayat asma, hanya saja berbeda kekuatannya. 

Gejala asma yang rawan menghantui

Memahami gejala asma juga bisa membuat Anda lebih waspada apakah sebenarnya Anda memiliki kecenderungan penyakit pernapasan yang satu ini atau tidak. Di mana gejalanya bukan hanya berupa sesak napas hebat, yang biasanya hanya terjadi ketika serangan asma menimpa. Jika memang beberapa gejala ini Anda sering alami, tidak ada salahnya berkonsultasi ke dokter. 

Napas Cepat 

Gangguan pernapasan terkait asma bukan hanya berupa sesak napas. Jika serangan asma sedang tidak ada, ciri khas lain yang bisa dilihat dari penderita asma adalah napasnya yang cepat. Apakah Anda sering mengalami kondisi napas cepat ini? 

Mengi 

Mengi merupakan suatu kondisi ketika Anda seperti mengeluarkan suara siulan tiap kali bernapas. Banyak hal yang bisa membuat seseorang mengalami mengi. Tidak terkecuali, mengi bisa menjadi gejala asma yang tidak boleh Anda abaikan. 

Mudah Lelah 

Napas pendek-pendek yang merupakan ciri khas penderita asma bisa menyebabkan gejala lain, yaitu kondisi mudah lelah. Pasalnya saat Anda bernapas pendek-pendek, otot dada akan terus bergerak cepat untuk mengambil napas dan langsung mengembuskannya. Inilah yang membuat Anda akan merasa cepat lelah, khususnya ketika sedang beraktivitas fisik, seperti olahraga. 

Mudah Batuk 

Penderita asma akan sangat mudah mengalami batuk. Biasanya, batuk yang merupakan gejala asma akan mudah muncul juga akan mudah hilang. Namun, ciri khas dari batuk pada penderita asma adalah kondisinya yang memburuk di malam hari ataupun dini hari. Sementara saat siang, batuk cenderung menghilang. 

Nyeri Dada 

Nyeri dada bukan hanya kondisi yang menunjukkan masalah pada organ jantung. Gangguan di saluran napas yang berupa asma pun bisa membuat Anda mengalami nyeri. Ciri khas nyeri dada yang mengarah ke gejala asma, yaitu perasaan dada yang menjadi sangat kencang seperti tercekik. Ketegangan ini bisa menjalar sampai leher. 

Sakit Tenggorokan 

Jangan remehkan apabila Anda sering mengalami sakit tenggorokan. Bisa jadi itu merupakan bagian dari kondisi asma yang belum teridentifikasi. Tidak jarang penderita asma akan mengalami sakit tenggorokan yang sering diabaikan karena dianggap sebagai tanda-tanda pilek atau flu semata. 

Gangguan Tidur 

Banyak faktor yang membuat penderita asma sering mengalami gangguan tidur, entah sulit tidur atau sering terbangun saat malam. Napas yang cepat membuat tidur terasa tidak nyaman. Di sisi lain, penderita asma juga mengalami gejala asma berupa batuk yang memburuk saat malam atau dini hari sehingga membuat ia sering terbangun sebelum waktunya. 

Keringat Dingin 

Keringat sebenarnya merupakan proses metabolisme yang wajar dari tubuh. Namun, waspadai apabila Anda mengalami keringat yang berlebihan, apalagi jika jenisnya termasuk keringat dingin. Banyak penyakit yang membuat keringat dingin mudah dialami seseorang, tidak terkecuali kondisi asma. 

Wajah Pucat 

Sirkulasi oksigen yang kurang maksimal karena adanya penyempitan di saluran pernapasan karena asma akan mudah membuat penderita asma mengalami wajah yang pucat. Bukan hanya itu, sirkulasi oksigen yang tidak optimal mengalir ke seluruh tubuh pula akan mudah terpantau di bagian bibir atau kuku penderita asma yang membiru, khususnya ketika serangan asma datang. 

*** 

Jangan remehkan gejala-gejala asma di atas. Anda mungkin saja belum terdiagnosis asma, namun sering mengalami tanda-tanda yang mengarah ke masalah pernapasan tersebut? Itu artinya Anda mesti datang ke dokter sekarang dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara lebih detail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *