Gerakan Sederhana untuk Senam Trampoline

Kebanyakan dari Anda pasti sudah familiar dengan trampoline bukan? Tidak hanya menyenangkan, ternyata senam trampoline juga bermanfaat lho.

Beraktivitas di trampoline dapat membantu Anda mengembangkan keseimbangan, koordinasi, dan keterampilan motorik yang lebih baik. Karena latihan-latihan dan senam tersebut menargetkan otot punggung, inti, dan kaki Anda.

Selain itu, Anda juga akan melatih lengan, leher, dan glutes Anda. Trampoline juga memiliki efek positif pada kesehatan tulang, dan dapat membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Rebounder adalah trampolin mini yang dekat dengan tanah, membuatnya lebih stabil dan aman untuk digunakan. Sedangkan trampolin luar ruangan memiliki kapasitas berat yang lebih tinggi dan memberi Anda lebih banyak ruang untuk bergerak.

Anda bisa melakukan beberapa gerakan senam dan latihan selama 1-3 menit. Berikut cara melakukan latihan senam rebounder dan trampolin dengan aman dan efektif:

  • Jumping jacks

Saat melakukan jumping jacks, tekuk tubuh Anda sedikit ke depan. Anda juga bisa melakukan latihan ini dengan mengangkat lengan setinggi bahu atau mengangkatnya ke atas.

  • Pelvic floor jumps

Latihan ini menargetkan otot dasar panggul dan paha Anda.

  • Single leg bounce 

Latihan ini membangun kekuatan dan keseimbangan pergelangan kaki Anda. Pertahankan penyelarasan di kaki yang menapak untuk mencegah lutut Anda jatuh ke tengah.

  • Twist 

Senam ini mengembangkan koordinasi dan melatih tubuh bagian atas, punggung, dan inti Anda. Berdiri dengan kaki Anda langsung di bawah pinggul dan lengan Anda di samping tubuh Anda. Melompat dan putar kaki Anda ke kiri saat Anda memutar tubuh bagian atas ke kanan. Kembali ke posisi awal saat mendarat, dan lakukan secara bergantian.

Trampoline merupakan cara yang mudah dan menyenangkan untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan daya tahan, dan menghilangkan stres dan ketegangan, baik untuk anak-anak dan orang dewasa.

Anda bisa memiliki trampoline mini di rumah atau bisa juga datang ke trampoline gym terdekat yang memiliki instruktur terlatih untuk melakukan berbagai senam dan gerakan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *