Gunakan Minyak Kayu Putih Terbaik, Rasakan Manfaatnya

Minyak kayu putih tak lepas dari kebutuhan kita sehari-hari. Apalagi saat musim hujan tiba. Banyak orang yang sering merasa kedinginan, masuk angin, hingga demam. Untuk itulah penggunaan minyak kayu putih terbaik sangat diperlukan. 

Minyak kayu putih bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit sejak lama. Salah satunya berperan sebagai obat rumah untuk masalah pernapasan. Sebab, minyak kayu putih terbaik memiliki sifat antiseptik dan antibakteri.  

Minyak kayu putih terbaik adalah hasil dari destilasi uap ranting serta daun segar pohon kayu putih atau dalam bahasa latinnya disebut Melaleuca Leucadendra. Hasil dari proses destilasi itulah yang akan menghasilkan minyak kayu putih yang sering digunakan sehari-hari. 

Dalam memilih minyak kayu putih terbaik, hindari yang dapat memicu reaksi alergi

Beragam manfaat minyak kayu putih terbaik 

Pada umumnya, minyak kayu putih digunakan dengan cara diusapkan pada area perut hingga dada setelah selesai mandi. Untuk mengetahui apa saja manfaat lainnya dari minyak kayu putih serta cara penggunaannya, simaklah ulasannya sebagai berikut. 

1. Melindungi kulit dari infeksi 

Minyak kayu putih terbaik sebagai antiseptik dalam kehidupan sehari-hari. Sumber penelitian menunjukkan bahwa minyak kayu putih memiliki kualitas antibakteri yang bermanfaat untuk pemotongan kecil dan goresan untuk membantu mencegah infeksi. 

Selain itu, minyak tersebut juga memiliki efek antijamur hingga anti-inflamasi untuk membantu kondisi kulit tertentu seperti psoriasis dan jerawat. 

2. Sangat baik untuk pernapasan 

Minyak kayu putih mampu memberikan manfaat baik bagi sistem pernapasan Anda karena bersifat antioksidan serta antiradang. Dengan begitu, kandungan minyak kayu putih tersebut juga bisa mengatasi sinusitis hingga meredakan gangguan pernapasan lainnya. 

Selain itu, minyak kayu putih mengandung senyawa yang bersifat dekongestan yang mampu mengencerkan dahak atau sinusitis yang terjadi pada sistem pernapasan Anda. 

3. Membantu meredakan batuk 

Kandungan cajuput dan sineol pada minyak kayu putih bisa membantu Anda dalam meredakan batuk. Selain memiliki senyawa bersifat dekongestan alami, minyak tersebut juga mempunyai kandungan yang mampu melegakan saluran pernapasan Anda. 

Dengan begitu penggunaan minyak kayu putih terbaik, Anda bisa terhindar dari rasa gatal pada tenggorokan. Sebab, minyak tersebut juga berfungsi mengencerkan dahak serta membantu meredakan sakit tenggorokan. 

4. Meredakan nyeri otot 

Kandungan eucalyptus mint yang terdapat pada minyak kayu putih bisa bermanfaat penuh dalam mengobati nyeri sendi dan nyeri otot dan sendi akibat keseleo, memar, radang sendi, hingga sakit punggung. Bahkan, minyak tersebut mempunyai respons fisiologis. Hal itu bisa membantu menghilangkan rasa sakit pada otot Anda. 

5. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Berdasarkan riset BMC Immunology, minyak kayu putih bisa merangsang respon sistem kekebalan tubuh. Respon fagositik sistem kekebalan terhadap patogen Anda juga bisa meningkat karena penggunaan minyak tersebut. 

Bagaimana cara penggunaan minyak kayu putih terbaik? 

Ketika diencerkan dengan benar dan diuji untuk reaksi alergi, minyak kayu putih dapat digunakan dengan aman untuk kulit hingga sebagai aromaterapi. Berikut ini cara penggunaannya. 

1.  Untuk perawatan kulit 

Setelah Anda melakukan uji tempel, Anda dapat mengoleskan minyak kayu putih encer pada area kulit yang lebih luas. Anda bisa mengoleskannya langsung pada luka ringan, goresan, dan ruam.  Pilihan lainnya adalah menambahkan beberapa tetes ke dalam satu ons body lotion. 

2.  Sebagai aromaterapi 

Meskipun menghirup langsung minyak kayu putih dari botol tidak disarankan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyebarkan minyak untuk aromaterapi. Anda mungkin menemukan bantuan sementara seperti meredakan sakit kepala. Efek lainnya, napas serta pikiran Anda pun makin tenang setelah menghirup aroma minyak tersebut. 

Dosis dan efek samping penggunaan minyak kayu putih 

Dosis minyak kayu putih yang tepat untuk digunakan sebagai pengobatan tergantung pada beberapa faktor. Mulai usia pengguna, kesehatan, hingga beberapa kondisi lainnya. Saat ini memang tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk minyak kayu putih. 

Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan berkonsultasi dengan apoteker atau dokter atau profesional perawatan kesehatan lainnya sebelum menggunakan. 

Meski dianggap alami, minyak kayu putih terbaik tetap bisa menimbulkan efek samping yang serupa dengan jenis minyak atsiri lainnya. Gejala mungkin termasuk ruam kulit, kemerahan, hingga gatal-gatal. Jika menggunakan secara topikal pada kulit dan rambut Anda, penting untuk mengencerkan kayu putih dengan minyak pembawa terlebih dahulu.

Itulah manfaat yang didapat dari penggunaan minyak kayu putih terbaik. Selain mendapatkan beragam manfaatnya, Anda juga bisa mengetahui cara pengaplikasiannya hingga dosis yang digunakan sesuai kemasan ataupun anjuran dokter. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *