Kaya Nutrisi, Yuk Cobain 6 Sayuran Berwarna Kuning Ini!

Kaya Nutrisi, Yuk Cobain 6 Sayuran Berwarna Kuning Ini!

Apa yang terbesit di dalam benak Anda saat mendengar kata sayuran? Apakah identik dengan dedaunan hijau? Sebagian besar dari Anda mungkin lebih sering mengonsumsi sayuran berwarna hijau dibandingkan warna lainnya, seperti kuning. Padahal, sayuran berwarna kuning juga tidak kalah hebat lho kandungan gizinya dengan sayuran hijau. Sayuran berwarna kuning banyak dikemas dengan antioksidan, vitamin, dan senyawa fitokimia lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan Anda.

6 Sayuran berwarna kuning yang kaya nutrisi

Bagi Anda yang penasaran dengan berbagai jenis sayuran berwarna kuning yang kaya nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, langsung saja simak daftar sayur kuning berikut ini:

  1. Jagung

Selain sebagai makanan pokok, jagung juga bisa diolah menjadi menu sayuran yang bernutrisi tinggi. Jagung kaya vitamin A, B, E, dan berbagai mineral. Butiran biji kuningnya mengandung tinggi serat yang dapat mencegah masalah pencernaan, seperti sembelit dan wasir. Senyawa fitokimia dalam jagung juga efektif untuk mencegah sel berkembang menjadi kanker. Sayuran berwarna kuning ini bisa Anda olah dengan mudah, seperti direbus.

  1. Kentang kuning

Sama seperti jagung, selain sebagai makanan pokok, kentang juga bisa lho Anda olah menjadi menu sayuran berwarna kuning. Kentang kaya dengan nutrisi, seperti niasin, asam pantotenat, vitamin C dan B6, mangan, dan fosfor. 

Mineral fosfor sendiri sangat diperlukan untuk menjaga struktur membran sel tubuh Anda dan juga terlibat dalam produksi energi, serta proses mineralisasi tulang. Anda bisa mengolahnya dengan cara merebus, menghancurkannya, dan menambahkan sedikit bumbu halus untuk meningkatkan cita rasanya.

  1. Labu kuning

Labu adalah salah satu sayuran berwarna kuning yang juga dikenal sebagai labu musim panas. Sayuran ini tinggi vitamin A, B6, C, asam folat, riboflavin, magnesium, fosfor, kalium, dan serat. Jelas ini menunjukkan kalau labu adalah sayuran yang kaya nutrisi. 

Selain itu, ada kandungan mangan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan metabolisme lemak dan karbohidrat di dalam tubuh. Sayur labu kuning ini bisa Anda rebus dan tambahkan sedikit daun kemangi untuk meningkatkan aroma dan rasanya.

  1. Paprika kuning

Sayuran berwarna kuning ini kaya nutrisi, serat, dan antioksidan yang kuat. Paprika juga terkenal dengan kandungan asam folatnya, yang sangat mendukung fungsi sel darah merah Anda. Vitamin K dalam paprika kuning penting dalam proses penggumpalan darah. Adapun kehadiran vitamin C dalam sayur ini juga dapat meningkatkan imunitas tubuh, kesehatan kulit, proses penyembuhan luka, dan berbagai manfaat kesehatan lainnya. 

  1. Bit kuning

Sayuran akar berwarna kuning ini memiliki rasa yang lebih manis daripada sejenisnya (kerabat akar merah), tapi sangat kaya nutrisi. Bit kuning dikenal dapat menyehatkan jantung, membantu kerja ginjal dalam membersihkan racun, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta mengurangi kelelahan. Ini karena bit emas kaya dengan beta-karoten. Begitu beta-karoten masuk ke dalam tubuh Anda, akan diubah menjadi vitamin A yang penting untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan.

  1. Buncis kuning

Buncis kuning adalah sayuran berwarna kuning yang mengandung sejumlah besar fitokimia alami, seperti isoflavon dan fitosterol. Senyawa ini dapat melawan kanker dan menghalangi penyerapan kolesterol, sehingga menurunkan kadar kolesterol darah. Sama seperti buncis hijau, sayuran ini bisa Anda olah dengan menjadi sup atau tumisan. Selain itu, buncis kuning juga sering diolah menjadi salad.

Nah, dari berbagai jenis sayuran berwarna kuning di atas, kira-kira sayur mana saja nih yang sudah pernah Anda makan? Selain buah-buahan, sayur-sayuran adalah makanan kaya vitamin, mineral, serat, dan senyawa bioaktif yang bermanfaat untuk tubuh Anda. Jadi, jangan lewatkan makan sayur setiap hari, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *