Komedo Putih: Apa dan Bagaimana Jenis Jerawat ini Muncul?

Jika Anda merupakan orang yang memiliki perhatian lebih terhadap kesehatan kulit, terutama bagian wajah, tentu sudah tidak asing lagi mendengar tentang komedo putih. Komedo putih atau yang juga disebut dengan whitehead adalah salah satu jenis jerawat dengan ciri benjolan berwarna putih.

Apa itu komedo putih (whitehead)?

Sama seperti jenis jerawat lainnya, komedo putih atau whitehead terbentuk ketika sel kulit mati, minyak, bakteri memendam atau terperangkap di pori-pori kulit. Whitehead adalah salah satu jenis jerawat yang paling sering muncul.

Pori-pori kulit dan folikel rambut yang terisi dengan sel kulit mati, minyak, dan bakteri, lama kelamaan akan mengeras dan menyumbat pori-pori kulit wajah. Kondisi ini akan memicu timbulnya komedo putih dengan ujung yang tertutup di atas benjolannya. Pori-pori yang tersumbat tadi akan menghalangi udara, sehingga bakteri yang terjebak di dalamnya tidak akan mengalami reaksi kimia yang menyebabkan komedo tersebut tetap berwarna putih.

Proses munculnya komedo putih ini tentu berbeda dengan pembentukan komedo hitam (blackhead) atau dikenal dengan komedo terbuka. Proses pembentukan blackhead disebabkan, karena minyak yang tersumbat di pori-pori, namun ujung jenis jerawat ini terbuka. Kondisi ini memungkinkan udara masuk ke dalam pori-pori dan memicu oksidasi melanin atau pigmen warna kulit. Hasil dari oksidasi melanin tersebut adalah komedo hitam.

Apa penyebab munculnya komedo putih?

Kulit wajah memiliki fungsinya secara alami, seperti memproduksi sel-sel baru yang menggantikan sel kulit mati. Selain itu, kulit juga memproduksi minyak (sebum) yang dihasilkan dalam pori-pori kulit yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, dalam kasus tertentu, seperti munculnya komedo putih, sel kulit mati, minyak, dan kotoran yang berlebih dapat menyumbat pori-pori kulit.

Lalu, adakah faktor penyebab khusus mengapa komedo putih dapat muncul? Ya. Komedo putih lebih berisiko muncul akibat beberapa kondisi seperti di bawah ini:

  • Menstruasi
  • Menopause
  • Stres dalam tingkatan yang cukup sulit
  • Riwayat keluarga atau faktor genetik
  • Masa pubertas
  • Kulit yang terlalu kering
  • Penggunaan produk kulit atau make up yang memicu produksi minyak secara berlebih

Berbeda dengan komedo hitam yang cenderung lebih mudah dikeluarkan, komedo putih yang tertutup membuat masalah kulit lebih sulit diatasi. Meskipun Anda telah memencet atau bahkan mengorek, komedo putih akan tetap sulit dikeluarkan. Cara-cara tersebut justru akan menyumbat pori-pori, sehingga memicu iritasi lebih serius atau bahkan membentuk jaringan parut di kulit.

Apakah komedo putih hanya dapat muncul di area wajah atau area tubuh lainnya juga?

Whitehead atau komedo putih dapat muncul di beberapa area tubuh, tidak hanya di area wajah. Area T atau Tzone di wajah, yang termasuk hidung, dagu, dan dahi merupakan wilayah berisiko ditumbuhi komedo putih. Alasannya, karena T zone mengandung lebih banyak minyak jika dibanding dengan area lain. Sementara itu, area tubuh lain yang juga kerap kali diserang komedo putih, antara lain bagian dada, punggung, bahu, dan lengan.

Komedo putih dapat dialami oleh laki-laki maupun perempuan terlepas dari usia berapa pun. Meskipun ketika remaja Anda terbebas dari komedo putih ini, Anda tetap berisiko mengalaminya di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *