Lapar Menjelang Tidur? Konsumsi Makanan Pembakar Lemak Berikut

Seperti kita ketahui bersama, makan sebelum tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Tetapi hal tersebut bisa berdampak positif jika Anda mengonsumsi makanan tertentu yang justru dapat membantu program diet yang sedang Anda lakukan. 

Nah, beberapa makanan pembakar lemak berikut dapat Anda konsumsi justru sebelum Anda tidur. Apa saja kira-kira makanan yang dapat membakar lemak Anda? Ini jawabannya. 

Metabolisme tubuh

Cara kerja metabolisme bisa berdampak besar pada berat badan Anda. Semakin baik tingkat metabolisme, maka semakin baik pula kecepatan dan skala penurunan berat badan. Metabolisme mengacu pada serangkaian transformasi kimiawi yang terjadi di dalam tubuh manusia untuk menopang kehidupan. 

Nah, selama proses ini, kalori yang terkandung dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi digabungkan dengan oksigen untuk melepaskan energi yang dibutuhkan tubuh kita untuk berbagai fungsi. Makan camilan ringan, namun tetap padat nutrisi di malam hari dapat memberikan energi yang Anda butuhkan untuk fungsi metabolisme saat Anda tidur. 

Makanan pembakar lemak sebelum tidur

  1. Pisang

Pisang adalah buah sehat manis yang terdiri dari karbohidrat cepat pencernaan. Hal ini cenderung dilakukan sebelum tidur ketika pencernaan yang cepat diperlukan untuk menghindari penambahan berat badan. Tidak perlu memasak atau mengolah lebih lanjut, Anda hanya perlu mengupas dan langsung memakannya. 

  1. Mentimun dan hummus

Mentimun adalah makanan yang dapat menurunkan berat badan, terlebih lagi jika dipadukan dengan hummus. Hummus terbuat dari buncis yang mengandung vitamin B yang membantu tubuh memetabolisme karbohidrat, protein dan lemak, serta menggunakan energi yang tersimpan dalam makanan. 

  1. Yogurt dengan buah-buahan

Hidangan ini bisa berfungsi ganda sebagai pencuci mulut dan sebagai camilan. Yogurt dengan buah-buahan memberikan keseimbangan yang menarik dengan rasa asam dari yogurt dan rasa manis dari buah-buahan. Anda bisa menambahkan apel, anggur, pisang ke yogurt Anda. jika Anda tidak suka asam, tambahkan buah-buahan seperti blueberry dan cranberry. 

  1. Roti panggang dan selai kacang

Makanan pembakar lemak lainnya adalah roti panggang dan selai kacang. Selai kacang adalah sumber nutrisi yang bagus seperti protein. Ingatlah untuk menggunakan roti multigrain atau roti gandum dengan serat dan karbohidrat berkualitas baik untuk roti panggang. 

Camilan sehat dan kaya protein adalah semua yang Anda butuhkan untuk memuaskan keinginan Anda ketika lapar di tengah malam. Tidurlah dengan nyenyak karena mengetahui bahwa Anda benar-benar akan menurunkan berat badan saat tidur siang. 

  1. Granola tanpa gula

Granola merupakan camilan yang menyehatlan dan enak tentunya. Campuran dari gandum utuh, kelapa panggang, biji chia yang renyah, dan bubuk arang aktif, yang memberikan warna hitam pada granola. Campurannya dibuat dengan minyak kelapa yang dikemas dengan lemak sehat (MCT), dan hanya mengandung 5 gram gula per porsi. 

  1. Popcorn

Anda mungkin tidak mengira bahwa popcorn menjadi salah satu camilan sehat. Namun, bukan popcorn yang dilumuri dengan mentega atau caramel yang biasa Anda dapatkan di bioskop. Faktanya, popcorn sangat rendah kalori, sekitar 122 kalori untuk porsi 30g. 

Selain rendah lemak, popcorn juga tinggi serat dan merupakan alternatif yang bagus daripada keripik. Popcorn terbuat dari biji-bijian utuh yang ditambah serat yang mendukung kesehatan pencernaan yang baik. Cara sehat untuk menikmati popcorn adalah membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan bijinya.

  1. Baby wortel

Wortel kini disebut-sebut sebagai camilan sebelum tidur yang sempurna. Selain itu, para peneliti juga merekomendasikan untuk mengonsumsi beberapa sayuran bayi untuk memuaskan keinginan ngemil di malam hari. Baby wortel merupakan sumber serat makanan, vitamin A dan kalium yang baik. 

Mereka juga mengandung alfa-karoten yang diyakini berdampak positif pada tidur. Baby wortel berfungsi sebagai camilan sebelum tidur karena wortel dapat bekerja sebagai alternatif yang baik untuk  ngemil. 

Semoga beberapa makanan pembakar lemak di atas dapat membantu mengenyangkan saat lapar melanda di malam hari. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *