Manfaat Enzim Papain Bagi Kulit yang Perlu Anda Ketahui

Enzim papain merupakan enzim proteolitik yang diekstrak dari buah pepaya. Pepaya sendiri bukan hanya sekedar buah yang enak dan memiliki banyak nutrisi dengan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Manfaat pepaya dapat dikaitkan dengan tinggi kandungan vitamin A, B, dan C.

Enzim proteolitiknya, seperti papain dan chymopapain juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Nah, kali ini akan dibahas bagaimana enzim papain bermanfaat bagi kulit Anda. 

Mnfaat enzim papain bagi kulit

Pepaya telah mendapatkan popularitas sebagai perawatan alami di rumah, dan untuk digunakan dalam produk kulit dan rambut. 

  1. Mengurangi kerutan

Pepaya kaya akan antioksidan, seperti likopen yang dapat melindungi dari tanda-tanda penuaan yang terlihat, sebuah penelitian pada tahun 2015 menunjukkan bahwa banyak kerusakan kulit dan kerutan yang terjadi akibat penuaan dapat dikaitkan dengan aktivitas radikal bebas yang berlebihan. 

Antioksidan ini dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang dapat membantu kulit Anda tetap halus dan awet muda. Pepaya dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit Anda. 

  1. Mengendalikan jerawat

Enzim papain dan chymopapain dalam pepaya dapat mengurangi peradangan. Papain pelarut protein dapat ditemukan di banyak produk pengelupasan kulit. Produk tersebut membantu mengurangi jerawat dengan cara mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. 

Enzim papain dapat juga menghilangkan keratin rusak yang bisa menumpuk di kulit dan membentuk benjolan kecil. Pepaya juga kaya akan vitamin A yang dapat berperan dalam pengembang dan pengobatan jerawat. 

  1. Pengobatan melasma

Pepaya meruapakan obat rumahan yang populer untuk melasma. Pendukung penyembuhan alami menyarankan bahwa enzim, beta karoten, vitamin, dan fitokimia dalam pepaya memiliki sifat pencerah kulit. 

Meskipun tidak didukung oleh penelitian klinis, mereka mengklaim bahwa kualitas ini dikombinasikan dengan tindakan papain yang terbukti secara klinis dalam melarutkan protein yang tidak aktif, dan dapat mencerahkan dan melembutkan kulit. 

  1. Memperkuat dan melindungi rambut

Vitamin A dalam pepaya dapat memberikan efek positif pada rambut dengan membantu kulit kepala memproduksi sebum yang menutrisi, memperkuat, dan melindungi rambut Anda. Anda dapat membuat masker pengkondisi rambut pepaya dengan mencampurkan:

  • ½ buah pepaya matang 
  • ½ cangkir minyak kepala
  • 1 sendok teh madu

Oleskan masker ke rambut yang lembap dan biarkan selama 30 hingga 40 menit. Kemudian bilas, keramas, dan kondisikan rambut  Anda seperti biasa. 

  1. Membantu pertumbuhan rambut

Senyawa dalam pepaya, termasuk likopen, menunjukkan aktivitas merangsang pertumbuhan rambut yang manjur. 

  1. Mencegah ketombe

Salah satu penyebab utama ketombe adalah jamur mirip ragi yang dikenal sebagai Malassezia. Sifat antijamur pada biji pepaya dapat membantu mengendalikan dan mencegah ketombe. Cobalah masker rambut perawatan dalam pepaya untuk mengontrol ketombe. 

Enzim papain berasal dari buah pepaya yang dikenal dengan manfaat pengelupasannya. Enzim papain meningkatkan penyembuhan kulit dan juga mendorong pembentukan kolagen saat dioleskan ke kulit. Kolagen adalah komponen utama kulit yang membuat kulit Anda kuat dan meningkatkan elastisitas kulit. 

Kolagen yang kuat membantu mengurangi keriput dan meningkatkan hidrasi kulit. Lainnya antioksidan yang ada dalam pepaya meminimalkan pembentukan radikal bebas dan oleh karena itu bertindak sebagai agen anti-penuaan. Ini juga membantu memberikan kilau alami pada kulit dan tekstur yang lebih baik. jadi, apakah Anda ingin mencoba manfaat dari enzim papain untuk kulit Anda? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *