Manfaat Kedelai dalam Harga Soyjoy yang Terjangkau

Kedelai, atau dikenal pula dengan nama Glycine max, merupakan sejenis polong-polongan asli Asia Timur. Kedelai menjadi salah satu bahan dari Soyjoy, sebuah merek camilan sehat dengan harga Soyjoy yang sangat terjangkau. Kedelai merupakan komponen diet Asia penting dan telah dikonsumsi selama ribuan tahun. 

Saat ini, kedelai biasanya dibudidayakan di Asia dan Amerika Selatan dan Amerika Timur. Di Asia, selain dikonsumsi dalam bentuk Soyjoy, kedelai juga dapat dimakan utuh atau dijadikan sebagai produk olahan lain, seperti tahu, tempe, kecap, dan susu kedelai. Kedelai mengandung antioksidan dan phytonutrient yang dihubungkan dengan berbagai manfaat kesehatan. 

Meskipun harga Soyjoy terbilang relatif terjangkau, yang menarik dari camilan ini adalah klaim kesehatan serta manfaat yang dimilikinya. Hal ini mungkin ada berkat kandungan nutrisi yang ada dalam kedelai. Kedelai paling banyak mengandung protein, namun juga mengandung karbohidrat dan lemak dalam jumlah yang baik. Kedelai adalah salah satu sumber protein berbasis tanaman paling baik. 

Kandungan protein dalam kedelai berkisar di angka 36 hingga 56 persen dari berat keringnya. Dalam 172 gram kedelai rebus mengandung sekitar 29 gram protein. Nilai nutrisi protein kedelai sangatlah baik, meskipun kualitasnya tidak setinggi protein hewani. Jenis protein utama dalam kedelai adalah conglycinin dan glycinin, yang mengisi sekitar 80 persen dari kandungan protein total. Protein tersebut dapat memicu terjadinya reaksi alergi pada beberapa orang. 

Konsumsi protein kedelai telah dihubungkan dengan adanya penurunan pada level kolesterol. Sama seperti manfaat utuh lainnya, kedelai memiliki beberapa efek kesehatan bermanfaat, seperti:

  • Mengurangi risiko kanker. Kanker adalah salah satu penyebab kematian utama di masyarakat modern. Banyak studi observasi mengindikasikan bahwa konsumsi kedelai dan produk kedelai seperti Soyjoy yang hadir dengan harga Soyjoy terjangkau dapat mengurangi risiko kanker payudara. Studi juga mengindikasikan efek pelindung dari kanker prostat pada laki-laki. Beberapa senyawa kedelai, seperti lunasin dan isoflavones, bertanggungjawab akan potensi efek pencegahan kanker. Paparan terhadap isoflavone sejak dini akan memberikan efek pelindung terhadap kanker payudara di kemudian hari. Penting untuk diingat bahwa bukti ini masih terbatas pada studi observasi, yang mana mengindikasikan hubungan antara konsumsi kedelai dengan pencegahan kanker, namun tidak membuktikan hubungan sebab akibat. 
  • Kesehatan tulang. Osteoporosis dikarakterisasikan dengan berkurangnya kepadatan tulang dan meningkatnya risiko patah tulang, terutama pada wanita lansia. Konsumsi produk yang mengandung kedelai seperti Soyjoy dapat mengurangi risiko osteoporosis pada wanita yang sedang menjalani masa menopause. Efek yang bermanfaat ini disebabkan karena isoflavone yang ada di dalam kedelai. 
  • Meringankan gejala menopause. Menopause adalah masa dalam hidup seorang wanita di mana menstruasi berhenti. Kondisi ini sering dihubungkan dengan gejala yang tidak nyaman, seperti berkeringat dan perubahaan suasana hati, yang disebabkan karena berkurangnya level estrogen. Yang menarik adalah wanita keturunan Asia, terutama mereka yang berasal dari Jepang, akan mengalami sedikit gejala menopause dibandingkan dengan wanita Barat. Kebiasaan diet, terutama konsumsi makanan kedelai yang lebih tinggi di Asia, dapat menjelaskan perbedaan tersebut. Studi menemukan bahwa isoflavone yang ada dalam kedelai dapat meringankan gejala menopause. 

Anda bisa mendapatkan manfaat kedelai dari produk makanan seperti Soyjoy. Harga Soyjoy relatif murah sehingga tidak akan mengosongkan kantong Anda. Anda juga bisa mengonsumsi berbagai macam produk olahan kedelai, seperti tahu dan tempe. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi sumber makanan tinggi protein tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *