Gendongan Bayi

jenis gendongan bayi

Sebagian orang berpikir bahwa memiliki anak merupakan momen yang telah dinantikan. Hal tersebut juga merupakan anugerah dari Tuhan. Walaupun merupakan anugerah, ada berbagai tantangan yang perlu dihadapi orang tua ketika mereka mengasuh anak mereka. Salah satu tantangan yang perlu diperhatikan adalah menyediakan perlengkapan untuk bayi mereka. Ada berbagai perlengkapan yang akan dibutuhkan orang tua, salah satunya termasuk gendongan bayi.

Apa Itu Gendongan Bayi?

Gendongan bayi merupakan barang yang dapat menahan bayi dan orang tua tidak perlu menahannya dengan tangan. Gendongan bayi juga dapat memudahkan orang tua untuk melakukan aktivitas lain yang melibatkan tangan seperti memegang handphone.

Jenis-Jenis Gendongan Bayi

Ada berbagai jenis gendong bayi yang dapat Anda beli, namun setiap pilihan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Selain itu, Anda juga sebaiknya jangan membeli barang tersebut dengan sembarangan. Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli gendongan bayi, berikut adalah jenis-jenis gendongan bayi yang dapat Anda beli:

  1. Gendongan bayi wrap

Gendongan bayi wrap merupakan jenis gendongan bayi yang menggunakan kain yang diikatkan pada tubuh Anda. Jenis gendongan ini dijual dalam ukuran yang berbeda dan Anda perlu pilih sesuai ukuran tubuh Anda.

Cara menggunakan gendongan tersebut adalah ikat kain dan bentangkan sehingga dapat menutupi bagian depan tubuh Anda. Setelah terikat dengan benar, Anda regangkan kain tersebut, kemudian Anda taruh anak Anda di kain tersebut.

Jika kain tersebut digunakan dengan benar, maka Anda tidak akan membebani bahu dan punggung karena berat badan bayi Anda akan tersebar dengan merata di tubuh Anda.

  1. Gendongan samping

Gendongan samping merupakan jenis gendongan bayi yang terdiri dari dua pilihan, antara lain dengan menggunakan jarik panjang yang akan disimpulkan di salah satu sisi bahu Anda, atau dengan menggunakan gendongan ring sling yang meliputi kain panjang lembut dan dua lubang untuk mengatur ikatan.

Gendongan samping merupakan jenis gendongan bayi yang mudah digunakan karena Anda hanya menarik kainnya saja jika Anda ingin menggunakan kain tersebut. Gendongan samping juga lebih bermanfaat ketika Anda menyusui anak Anda.

  1. Gendongan SSC (Soft Structured Carrier)

Gendongan SSC merupakan jenis gendongan bayi yang mudah digunakan karena dapat menggabungkan tali pengikat, gesper, dan bantalan dengan ukuran yang bisa disesuaikan berdasarkan usia anak Anda. Jenis gendongan tersebut bisa digunakan baik di depan tubuh Anda maupun di belakang.

  1. Gendongan hipseat

Gendongan hipseat merupakan jenis gendongan bayi yang terlihat seperti gendongan SSC, namun memiliki bantalan khusus supaya bayi bisa duduk. Cara menggunakan jenis gendongan tersebut adalah memasang dudukan di bagian pinggang Anda dan letakkan bayi Anda di tempat yang telah dipasang.

  1. Gendongan bayi ransel

Gendongan bayi ransel merupakan jenis gendongan bayi yang cocok untuk membawa bayi Anda ketika Anda melakukan perjalanan yang jauh. Gendongan bayi ransel sama seperti tas ransel dan memiliki fitur keamanan berupa tali tambahan yang dapat diikatkan pada dada dan pinggang Anda.

Perbandingan Dengan Jenis Gendongan Bayi Lain

Sebelum Anda memilih jenis gendongan bayi yang tepat, Anda sebaiknya bandingkan jenis yang satu dengan yang lain, karena setiap gendongan tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda seperti tempat duduk untuk bayi dan apakah posisi bayi bisa diatur dengan benar ketika menggunakan salah satu jenis gendongan bayi.

Kesimpulan

Menggunakan gendongan bayi merupakan hal yang esensial bagi orang tua, karena praktis untuk digunakan ke mana saja. Namun, orang tua perlu memastikan posisi bayi yang benar supaya bayi mereka tidak mengalami cedera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *