Operasi Mohs dan Alternatif Lain Mengatasi Kanker Kulit

Kanker merupakan sebuah tumor ganas yang menyerang dan merusak jaringan di sekitar pusat masalah. Kanker hampir dapat muncul di mana saja, termasuk di kulit. Kulit yang terserang kanker dapat diatasi dengan beragam metode atau teknik pengobatan, mulai dari operasi mohs sampai operasi laser.

Kanker kulit biasanya dapat dideteksi melalui gejala yang timbul dan terlihat dari perubahan tampilan kulit, seperti munculnya benjolan, bercak, atau tahi lalat dengan bentuk dan ukuran yang tidak normal.

Daerah paling umum terjadinya kanker kulit adalah yang kerap terpapar sinar matahari secara langsung, seperti wajah, lengan, atau tungkai. Oleh karenanya, seseorang yang aktif berkegiatan di luar ruang dianjurkan melakukan berbagai upaya pencegahan.

 Berdasarkan jenisnya, kanker kulit dibedakan menjadi karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma. Masing-masing jenis memiliki karakter sendiri-sendiri. Termasuk cara pengobatannya, masing-masing di antaranya harus ditangani secara berbeda.

Berikut ini beberapa metode medis untuk mengatasi kanker kulit yang sudah umum dilakukan:

  • Krioterapi

Metode yang juga disebut cryosurgery ini bertujuan untuk menghilangkan sel-sel kanker menggunakan suhu dingin ekstrem. Prosedur ini menggunakan nitrogen cair untuk mematikan sel kanker. Caranya adalah dengan penyemprotan pada kulit yang terkena kanker.

Nantinya, kulit akan membeku dab sel kanker di dalamnya bakal hancur dan terurai. Sayangnya, metode ini juga akan membuat kulit pasien mengalami luka lepuh. Selain itu, kemungkinan sel kanker tumbuh lagi masih ada. Pasien perlu kembali melakukan kontrol untuk memastikan kondisinya.

  • Kuretase dan Elektrodesikasi

Kuretase adalah prosedur menghilangkan tumor menggunakan kuret, yakni alat medis berbentuk tongkat logam dengan ujung melingkar. Guna mencegah rasa sakit, dokter pertama-tama akan memberikan bius lokal terlebih dulu.

Prosedur ini selalu diikuti dengan elektrodesikasi atau pemasangan jarum elektroda pada kulit di sekitar area yang dikuret. Panas dari jarum elektroda akan menghilangkan sisa sel kanker dan menghentikan darah yang mengalir.

Kuretase dan elektrodesikasi cukup efektif untuk mengatasi kanker yang tidak terlalu dalam. Namun, pasien mungkin harus mengulangi prosedur ini beberapa kali hingga seluruh sel kanker hilang. Kurangnya prosedur ini adalah menyisakan bekas luka.

  • Pengikisan

Seperti namanya, prosedur ini dijalankan dengan mengikis tumor dan sedikit jaringan kulit di sekitarnya dengan pisau bedah. Kekurangan dari prosedur ini adalah, jika tumor terjadi di tempat-tempat yang sulit seperti kepala, telinga, dan jari-jari.

Setelah operasi selesai, jaringan kanker kulit yang telah diangkat akan dipelajari di laboratorium. Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh sel kanker telah hilang.

  • Operasi Mohs

Prosedur ini dinilai amat ampuh untuk mengatasi kanker kulit jenis karsinoma sel basal dan skuamokosa. Meski begitu, beberapa jenis melanoma juga dapat diatasi dengan metode ini.

Mungkin prosedur ini tak jauh berbeda dengan teknik pengikisan. Namun, operasi mohs hanya mengangkat lapisan tipis dari kulit yang terserang kanker. Pun metode ini dikhususkan untuk mengatasi kanker kulit yang menyerang area sensitif seperti mata, telinga, hidung, atau alat kelamin.

Dibutuhkan analisis mikroskopis untuk memeriksa sel-sel jaringan yang diangkat saat operasi berlangsung. Kelebihan prosedur ini adalah dapat mengurangi kemungkinan dibutuhkannya perawatan lanjutan atau operasi tambahan di masa mendatang.

  • Operasi Laser

Sinar laser dinilai lebih akurat untuk mengangkat jaringan kulit yang terserang kanker, dibandingkan pisau. Panas dari laser akan menghancurkan sel-sel abnormal sehingga jaringan kanker terurai. Dokter kemudian akan membersihkan jaringan yang terurai dengan kain kasa basah.

Keuntungan prosedur laser ini dapat mengurangi risiko pendarahan, nyeri, dan pembentukan bekas luka. Jika kulit mengalami perdarahan, laser dapat digunakan untuk menutup luka dan menghentikan darah yang mengalir.

***

Itulah beberapa prosedur mengatasi kanker kulit yang dimiliki khazanah kedokteran hingga saat ini. Adapun mana yang paling efektif dalam penyembuhan, mungkin kembali ke kondisi pasien masing-masing.

Akan tetapi, operasi mohs mungkin akan menempati urutan pertama dalam rekomendasi yang diberikan oleh petugas medis jika kanker kulit yang dialami pasien cenderung jenis yang umum dan belum masuk stadium lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *