Pahami Hal-hal Ini sebagai Syarat Masuk SD

syarat masuk sd

Aturan masuk SD dalam beberapa tahun terakhir mengalami cukup banyak perubahan. Apabila Anda memiliki anak dengan usia yang diperkirakan mencukupi untuk masuk sekolah dasar, pencarian informasi terkait syarat masuk SD yang valid harus terus diperbaharui sehingga tidak menimbulkan hambatan bagi anak Anda untuk masuk ke sekolah dasar yang dikehendaki. 

Aturan terkait syarat masuk SD untuk tahun ajaran 2020/2021 merupakan aturan terbaru yang bisa Anda dapatkan mengenai syarat masuk SD. Anda mungkin akan cukup kaget karena ada beberapa aturan yang diubah total dibandingkan tahun-tahun sebelumnya untuk urusan yang sama. 

Berikut ini adalah kriteria untuk bisa masuk ke sekolah dasar negeri terbaru yang termaktub dalam aturan pemerintah soal syarat masuk SD tahun ajaran 2020/2021. Apakah anak Anda sudah memenuhi berbagai syarat di bawah ini atau di tahun depan sudah dapat mengajukan diri sebagai salah satu siswa di sekolah dasar negeri yang dipilih? 

Usia Minimal 

Syarat masuk SD yang pertama kali harus Anda perhatikan adalah usia minimal anak. Dalam beberapa tahun ke belakang, pemerintah telah menetapkan aturan bahwa usia minimal untuk masuk ke bangku kelas 1 SD di sebuah sekolah negeri adalah 7 tahun. Namun pada aturan untuk tahun ajaran 2020/2021, pemerintah sedikit mengubah aturan terkait usia ini. Umur anak terendah yang bisa masuk ke kelas 1 SD adalah 6 tahun pada usia 1 Juli per tahun berjalan. Di mana usia tersebut harus dibuktikan secara tegas lewat akta kelahiran ataupun surat keterangan lahir. 

Zonasi Lebih Diprioritaskan
Terkait syarat masuk SD yang satu ini sebenarnya banyak memperoleh pro kontra di mana banyak pihak setuju untuk pendidikan yang lebih merata, namun sebagian kelompok lain tidak setuju karena membatasi pilihan untuk memperoleh pendidikan terbaik. Saat ini bisa masuk tidaknya anak ke sebuah SD negeri sangat bergantung oleh zonati tempatnya tinggi dengan sekolah tersebut. Penerimaan murid berdasarkan zonasi ini memakan poris 70 persen dari daya tamping sekolah. Sisanya lebih mengarah ke kondisi ekonomi rendah dan kepindahan domisili atau kerja orang tua. 

Tidak Ada Jalur Prestasi 

Anda tidak perlu memaksa anak terus belajar ataupun mengikutkan ia berbagai lomba hanya untuk mendapatkan piagam yang menunjukkan prestasi agar lebih mudah masuk ke SD negeri yang dianggap unggulan. Kenyataannya, saat ini sudah tidak ada jalur prestasi sebagai syarat masuk SD kelas 1. Pasalnya, usia anak yang belum mencapai 6 tahun dinilai lebih diprioritaskan untuk bermain dan bersosialisasi. 

Tidak Ada Tes Calistung 

Beberapa tahun lalu sempat ada aturan syarat masuk SD yang cukup kontroversial, di mana ada tes baca, tulis, dan berhitung bagi calon siswa di suatu sekolah dasar. Namun untuk tahun ini dan kemungkinan masih berlaku di tahun-tahun mendatang, tes baca, tulis, dan berhitung ini telah ditiadakan untuk memastikan tidak ada diskriminasi pemerolehan hak belajar oleh anak yang dianggap sudah lebih pintar dengan yang belum pintar.

Tak Perlu Ijazah TK 

Aturan lain terkait syarat masuk SD yang juga berubah di tahun ajaran 2020/2021 adalah soal kepemilikan ijazah. Di mana sampai tahun lalu, beberapa sekolah dasar masih menerapkan aturan bahwa calon siswa harus terlebih dahulu menyelesaikan studi di taman kanak-kanak sebelum masuk ke SD dan dibuktikan lewat ijazah TK. Namun saat ini, ijazah TK bukan lagi syarat seorang anak bisa masuk ke suatu SD negeri atau tidak. 

Dokumen Terlengkapi 

Jangan lupa untuk melengkapi sejumlah dokumen untuk melengkapi syarat masuk SD anak Anda. Secara umum, dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat masuk SD adalah akta kelahiran atau surat tanda kenal lahir, kartu keluarga atau kartu domisili, sampai surat pernyataan tanggung jawab mutlak dari Anda sebagai orang tua atau wali. Apakah Anda sudah menyiapkan berbagai dokumen tersebut? 

Sebenarnya, syarat masuk SD tidaklah ribet. Apalagi, saat ini aturan pemerintah soal syarat masuk SD lebih lunak dan lebih memudahkan banyak orang tanpa serangkaian tes. Jadi, Anda tidak perlu terlalu pusing lagi memikirkan syarat masuk SD negeri, bukan? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *