Penilaian Status Gizi pada Balita, Gemuk Tak Berarti Sehat

Seringkali seseorang menilai balita yang sehat adalah balita dengan berat badan yang gemuk. Padahal, penilaian status gizi pada balita tidak sebatas penilaian berat badan saja, lho! Terdapat banyak pengukuran yang dilakukan untuk menilai apakah gizi balita tercukupi atau tidak.

Status gizi pada balita merupakan kondisi yang memperlihatkan keseimbangan antara kebutuhan serta asupan nutrisi balita yang masuk ke dalam tubuh. Jika nutrisi yang diterima tercukupi, maka perkembangan dan pertumbuhan balita bisa optimal. 

Penilaian status gizi dapat dilakukan dengan survei konsumsi makanan

Pengukuran gizi balita di Indonesia

Di Indonesia, penilaian status gizi balita menggunakan acian kurva pertumbuhan milik WHO dan kurva dari Center for Disease Control Prevention (CDC,2000). Indikator penilaian gizi yang umum digunakan seperti, berat badan menurut tinggi badan (BB/TB), berat badan menurut umur (BB/U), dan tinggi badan menurut umur (TB/U).

Berikut ini status gizi anak berdasarkan 3 indeks di atas yang bisa memberikan gambaran apakah seorang anak mengalami obesitas, gizi berlebih, gizi baik, gizi kurang, dan gizi buruk. 

Untuk informasi lebih lanjut seputar gizi anak, kamu bisa melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter. 

Menilai status gizi anak dengan metode antropometri

Metode antropometri adalah metode untuk melakukan pengukuran fisik dan bagian tubuh manusia. Metode antropometri paling sering digunakan di Indonesia, yakni untuk mengetahui status gizi balita dengan konsep pertumbuhan.

Terdapat 4 variabel dalam pengukuran metode antropometri ini, yakni:

  • Jenis kelamin
  • Umur
  • Berat badan
  • Tinggi badan

Pengukuran dengan metode antropometri meliputi pengukuran pada hal ini:

Berat badan

Pengukuran berat badan dilakukan untuk menggambarkan jumlah protein, lemak, dan mineral pada tubuh. 

Pengukuran berat badan dianggap paling cepat karena perubahannya tidak membutuhkan waktu lama. Kita juga sekaligus bisa memantau perkembangan gizi anak melalui grafik berat badan anak. 

Tinggi badan

Pengukuran tinggi badan diperlukan untuk mengetahui pertumbuhan massa tulang. Jika pertambahan tinggi badan cukup lambat, bisa menjadi indikator anak mengalami masalah gizi.

Lingkar kepala

Pengukuran lingkar kepala anak bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan otak dan melihat perkembangan saraf anak. 

Menurut rujukan CDC 2000, ukuran lingkar kepala pada bayi laki-laki adalah 36 cm, dan saat berusia 3 bulan berubah menjadi 41 cm. Ukuran lingkar kepala normal pada bayi perempuan yakni 35 cm dan berubah menjadi 40 cm saat berusia 3 bulan.

Di usia 4-6 bulan, ukuran lingkar kepala akan bertambah 1 cm setiap bulannya dan pada usia 6-12 bulan akan bertambah 0,5 cm per bulannya.  Pengukuran lingkar kepala dilakukan pada sisi kepala belakang anak yang menonjol, hingga area dahi. 

Menurut IDAI, pengukuran lingkar kepala pada anak sebaiknya dilakukan hingga usia 2 tahun disertai pengukuran ubun-ubun besar. Pengukuran lingkar kepala hingga 2 tahun ini bertujuan untuk mendeteksi adanya gangguan perkembangan otak. 

Jika ubun-ubun besar belum menutup pada usia 18 bulan atau menutup lebih dini di usia 6 bulan, bisa menggambarkan adanya gangguan pertumbuhan otak. 

Tips agar status gizi anak tetap tercukupi

Untuk memastikan kebutuhan gizi anak tercukupi yang ditandai dengan perkembangan berat badan, tinggi badan, serta lingkar kepala, sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan gizi anak sejak anak lahir atau minimal saat anak berusia 1 bulan.

Kamu bisa ikut memantau perkembangan anak dengan melihat KIA atau KMS (kartu menuju sehat) yang diberikan oleh dokter, sehingga, ketika grafiknya mengalami masalah, kamu bisa segera melakukan penanganan secepat mungkin.

Jika berat badan serta tinggi badan normal sesuai usia, maka bisa dipastikan bahwa asupan gizi anak tercukupi dengan baik. Itu dia beberapa indikator penilaian gizi pada anak. Tetap pantau berat badan, tinggi badan, serta lingkar kepala pada anak, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *