Squalane, Bahan Alami Yang Meniru Sebum Kulit

Tubuh manusia menghasilkan squalane versinya sendiri yang disebut squalene, tetapi jumlah yang dibuat dan dipertahankan akan menurun seiring bertambahnya usia.

Produksi puncak pelembab alami ini terjadi pada usia remaja, dengan produksi yang melambat di usia 20-an atau 30-an. Alhasil, kulit Anda akan menjadi lebih kering dan kasar.

Squalene tidak hanya alami pada manusia.  Squalane terdapat pada buah zaitun, dedak padi, dan tebu. Selain itu, juga ditemukan dan dipanen dari hati hiu.

Kulit terhidrasi adalah kulit yang sehat. Sehingga, saat dioleskan, squalane memiliki manfaat yang luar biasa. Squalane meningkatkan hidrasi yang dapat membantu kulit Anda tampak lebih cerah dan sehat. 

Antioksidan dalam minyak dan krim yang mengandung squalane juga melawan kerusakan kulit dan radikal bebas, yang keduanya dapat mempercepat proses penuaan. Menurut penelitian, squalane juga merupakan detoksifikasi pada kulit.

Penggunaan squalane secara teratur juga dapat meningkatkan produksi kolagen, menghasilkan kulit yang lebih kencang. Dengan produk perawatan kulit apa pun, terdapat resiko iritasi atau reaksi alergi, meskipun produk tertentu dinyatakan aman.

Jika Anda menggunakan squalane untuk pertama kali, jangan aplikasikan di area wajah Anda secara luas. Coba minyak di bagian kulit, seperti lengan bagian dalam, untuk memastikan Anda tidak memiliki alergi.  Tanda-tanda reaksi alergi meliputi gatal, kemerahan, dan bengkak.

Anda juga perlu perhatikan dampak lingkungan dari squalane. Squalene dapat dipanen dari hati hiu, yang tidak ramah lingkungan atau berkelanjutan.

Saat membeli squalane, carilah minyak yang 100 persen berasal dari tumbuhan. Beberapa produk perawatan kulit menggunakan squalane dari tumbuhan, bukan hiu. Karena tubuh Anda menghasilkan squalene yang semakin sedikit, kulit kering dan rambut kering akan menjadi hal yang normal. 

Namun, bahan perawatan kulit alami yang meniru sebum alami tubuh Anda, yang dikenal sebagai squalane dapat meningkatkan hidrasi dan meningkatkan tingkat kelembaban Anda. Hal ini dapat membuat kulit tampak lebih sehat, dan membantu memperbaiki berbagai kondisi kulit mulai dari jerawat hingga eksim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *