Waspada Bahaya Asam Mefenamat bagi Ibu Hamil

Beredarnya obat-obatan bebas yang dijual di pasaran, belum hal tersebut tidak menjadi kepastian bahwa obat tersebut bebas dari bahaya jika dikonsumsi. Khususnya untuk ibu hamil yang perlu untuk memperhatikan segala yang dikonsumsi agar janin dalam kandungannya tumbuh dengan sehat. Salah satu obat yang dijual bebas dan berbahaya bagi ibu hamil, yaitu asam mefenamat.

Asam mefenamat adalah obat anti-inflamasi non-steroid (OAINS) yang memiliki fungsi untuk mengatasi rasa nyeri ringan hingga sedang, seperti nyeri karena sakit kepala maupun sakit gigi. Selain itu, obat ini juga sering dikonsumsi untuk meredakan peradangan dan nyeri pasca operasi. Fungsi lain yang sering dimanfaatkan dari asam mefenamat, yaitu untuk meredakan nyeri ketika menstruasi.

Kandungan asam mefenamat ini dapat Anda temukan di berbagai merek, seperti Ponstan, Mefinal, Allogon, Asimat, Dagosic, Maxtan, Lapistan, Solasic, dan Tropistan.

Mengapa asam mefenamat dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa asam mefenamat yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat berdampak negatif pada janinnya. Efek samping yang mungkin dapat terjadi, antara lain menyebabkan keguguran pada kandungan hingga kelahiran prematur.

Jika Anda memperhatikan kemasan obat yang mengandung asam mefenamat, terdapat peringatan bahwa obat ini tidak diperbolehkan untuk orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti sakit radang usus, ginjal, asma, termasuk ibu mengandung dan menyusui. Di samping itu, mengonsumsi obat ini tanpa resep dokter dapat berisiko pada kesehatan Anda. Efek samping yang telah diketahui sejauh dari obat ini, antara lain nyeri perut, mual, diare, hingga nyeri pada ulu hati.

Walaupun begitu, dalam kasus tertentu dokter dapat saja meresepkan asam mefenamat pada ibu hamil jika pasien berada dalam kondisi gawat darurat, yang mana obat pereda nyeri lainnya tidak cukup efektif mengatasi rasa sakit tersebut.

Resep untuk asam mefenamat disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien. Jika selama tujuh hari ibu hamil mengonsumsi asam mefenamat, namun sakitnya tidak kunjung reda, maka segera berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, obat ini tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi lebih dari satu minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *