4 Perawatan Kulit Gatal Dengan Bahan Alami, Seperti Menggunakan Obat Negatal

4 Perawatan Kulit Gatal Dengan Bahan Alami, Seperti Menggunakan Obat Negatal

Penyakit kulit adalah bentuk infeksi paling umum yang terjadi pada orang-orang dari segala usia. Gangguan kulit adalah salah satu penyakit yang paling sulit untuk dibiasakan terutama jika terletak di tempat yang sulit untuk disembunyikan seperti wajah, bahkan dengan make up. 

Tidak banyak statistik yang membuktikan frekuensi pasti penyakit kulit di negara ini, tetapi kesan umum adalah 10-20 persen pasien yang mencari nasihat medis menderita penyakit kulit. Kondisi kulit umum terjadi di seluruh belahan dunia. Matahari adalah salah satu sumber utama kanker kulit dan trauma.

Sedangkan untuk penyakit kulit yang gatal, atau yang oleh dokter disebut pruritus, bisa membuat tidak nyaman dan membuat frustrasi. Untungnya, banyak pengobatan alami dan rumahan yang dapat membantu meredakan nyeri.

Menurut National Eczema Association (NEA), orang yang sering mengalami kulit gatal mungkin sulit tidur dan menjadi depresi atau cemas. Mereka mungkin juga menggaruk kulitnya, menyebabkan air mata kecil, yang rentan terhadap infeksi.

Penyebab umum kulit gatal termasuk gigitan serangga, alergi, stres, dan kondisi kulit, seperti eksim dan psoriasis. Pakai bahan alami untuk mencegah kulit gatal salah satunya dengan obat herbal negatal, lainya seperti :

  1. Menggunakan Menthol 

Menthol adalah minyak esensial yang ditemukan pada tanaman dari keluarga mint. Ini memiliki efek mendinginkan dan dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan gatal.

Sebuah studi tahun 2012 menyelidiki apakah minyak peppermint, yang mengandung mentol, dapat secara efektif mengobati kulit gatal pada wanita hamil.

Peneliti membagi partisipan menjadi dua kelompok. Satu kelompok menerima sebotol minyak wijen yang diresapi dengan konsentrasi minyak peppermint 0,5 persen. Kelompok lainnya menerima botol berisi kombinasi wijen dan minyak zaitun.

Peserta mengoleskan minyak ke area kulit yang gatal dua kali sehari selama 2 minggu. Mereka yang menggunakan minyak infus peppermint melaporkan penurunan keparahan gatal yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang menggunakan produk lain.

Selalu encerkan minyak esensial dalam minyak pembawa sebelum mengoleskannya ke kulit.

  1. Menggunakan Oatmeal 

Oatmeal koloid bukanlah sesuatu yang Anda makan untuk sarapan. Oatmeal jenis ini terbuat dari oat yang telah digiling menjadi bubuk yang sangat halus. Produk alami yang digunakan dalam berbagai jenis sabun dan lotion, juga dapat ditambahkan ke bak mandi air dingin.

Satu studi menemukan bahwa produk ini aman dan membantu mengobati gatal dari berbagai penyebab. Anda dapat menemukan oatmeal koloid di banyak apotek, atau membuatnya sendiri dengan menggiling oat menjadi bubuk halus.

  1. Menggunakan Cuka Sari Apel 

Cuka sari apel mengandung asam asetat, yang telah digunakan orang selama ribuan tahun sebagai desinfektan dan antiseptik luka alami.

Menurut National Psoriasis Foundation (NPF), cuka sari apel mungkin sangat membantu dalam meredakan kulit kepala yang gatal.

NPF merekomendasikan untuk mengencerkan cuka dalam air menggunakan rasio 1 banding 1. Oleskan larutan ke kulit kepala dan biarkan mengering sebelum dibilas dengan lembut dengan air hangat.

Cuka bisa menyebabkan sensasi terbakar pada luka terbuka. Orang dengan kulit pecah-pecah dan berdarah harus menghindari perawatan ini.

  1. Menggunakan Daun Sambiloto

Andrographis atau disebut dengan Sambiloto adalah ramuan dengan rasa pahit yang kaya akan senyawa yang dikenal sebagai andrographolides. Senyawa ini diduga memiliki sifat antiinflamasi, antivirus, dan antioksidan. Andrographis paling banyak digunakan untuk mengobati gejala pilek dan flu. Andrographis juga bertindak sebagai penguat kekebalan alami. Tetapi juga bermanfaat dengan masalah kulit, seperti yang digunakan pada obat herbal Negatal. 

Suplemen herbal lebih populer sekarang daripada sebelumnya. Orang-orang mencari cara baru untuk meningkatkan kesehatan mereka, dan mereka semakin beralih ke pengobatan alami seperti obat herbal negatal yang dapat merawat gatal daripada obat-obatan farmasi. Dengan demikian, ada banyak penelitian yang dilakukan tentang manfaat terapeutik dan aplikasi berbagai herbal dan ekstrak herbal. Sebagian besar penelitian ini menyajikan bukti kuat bahwa mengonsumsi suplemen herbal dalam hubungannya dengan pola makan dan gaya hidup sehat dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *