7 Cara Memakai Dulcolax Anak dengan Tepat

Dulcolax anak adalah salah satu solusi yang bisa Anda tempuh jika anak mengalami sembelit. Anak terkategori mengalami sembelit apabila buang air besar sulit, bahkan dengan frekuensi di bawah 3 kali dalam seminggu. 

Anda bisa memilih Dulcolax anak suppositoria untuk pemberian kepada si buah hati. Model Dulcolax anak yang langsung diberikan lewat anus ini dinilai minim risiko dan lebih cepat menangani sembelit sang buang hati. Selain untuk mengatasi susah buang air besar, Dulcolax anak suppositoria kerap digunakan pula sebelum tindakan operasi guna mengosongkan perut. 

Tentunya, hasil penggunaan yang optimal baru bisa dirasakan buah hati apabila Anda memberikannya dengan tepat. Berikut ini adalah tahapan cara yang mesti Anda jalankan supaya sembelit anak lekas hilang dengan jenis obat ini. 

Dahului dengan Cuci Tangan 

Ketika hendak memberikan Dulcolax anak kepada si kecil, jangan langsung memberikannya tanpa mendahului dengan cuci tangan terlebih dahulu. Anda tidak tahu ada kuman, bakteri, ataupun virus apa yang ada di tangan Anda sehingga berpotensi membuat masalah pencernaan anak semakin parah. Dengan mencuci tangan memakai sabun, berbagai mikroorganisme yang mungkin merugikan si kecil bisa dilenyapkan. Jangan lupa untuk mengeringkan tangan setelah mencuci tangan sampai bersih, ya. 

Celupkan ke Dalam Air

Dulcolax anak dengan model suppositoria mungkin akan terasa nyeri dan tidak nyaman apabila langsung diberikan kepada si kecil. Untuk mengurangi ketidaknyamanan tersebut, Anda bisa memperlunak Dulcolax anak dengan mencelupkanya ke air terlebih dahulu dalam waktu singkat. 

Posisi Miring Berbaring 

Untuk memakaikan Dulcolax anak kepada sang buah hati, posisikan anak tidur miring. Akan lebih baik jika si kecil mampu menekuk salah satu kakinya seperti sedang memeluk guling. Posisi ini akan membuat Anda lebih mudah memasukkan Dulcolax anak ke dalam anusnya. Posisi ini juga akan membuat lubang anus terlihat lebih besar sehingga tidak terlalu terasa nyeri ketika dimasukkan dengan obat. 

Masukkan ke Anus 

Jangan salah memasukkan Dulcolax anak suppositoria ke dalam anus Ana. Pastikan Anda mencelupkan ujung lancip obat terlebih dahulu ke dalam anus sang buah hati. Pastikan pula ujung lancip tersebut sudah dibasahi atau dicelupkan ke dalam air. Baru kemudian, Anda bisa mendorong sisa obat ke lubang anus sampai tidak kelihatan dan tidak keluar lagi. 

Rapatkan Kaki Si Kecil  

Ada kemungkinan obat yang dimasukkan ke anus bisa keluar lagi. Karena itu setelah Dulcolax anak masuk seluruhnya, pastikan si kecil tetap berbaring. Posisi yang dianjurkan adalah telentang. Pada saat berbaring, usahakan pula anak merapatkan kakinya. Pertahankan posisi ini setidaknya selama 5 menit untuk memastikan Dulcolax anak tidak keluar-keluar lagi. 

Bersihkan Tangan Kembali 

Saat sudah selesai memasukkan Dulcolax anak ke dalam anus dan memastikan tidak keluar lagi, segeralah kembali mencuci tangan dengan air mengalir. Jangan lupa memakai sabun antibakteri untuk memastikan tidak ada kuman atau bakeri yang tertinggal di tangan Anda. Cuci tangan setelah pemakaian juga ditujukan untuk mencegah menempelnya obat. 

Sekali Sehari 

Untuk penggunaan pada anak, Anda bisa memberikan Dulcolax anak sekali sehari dengan dosis 5 miligram. Untuk dosis lebih pasti, jangan lupa mengonsultasikan penggunaan obat ini kepada dokter. 

*** 

Dulcolax anak sebaiknya diberikan jika sembelit si kecil sudah cukup kronis. Beberapa tanda dari kondisi tersebut adalah buang air besar kurang dari 3 kali seminggu, feses yang menggumpal, sampai harus mengejan ketika buang air besar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *