8 Kebiasaan yang Berisiko Timbulkan Herniasi Otak

Pernah mendengar herniasi otak? Ini merupakan kondisi ketika adanya celah di tulang tengkorak Anda. Celah ini membuat jaringan otak menjadi lebih mudah bergeser dan menghadirkan berbagai gejala yang bisa mengancam jiwa, seperti detak jantung melambat, susah bernapas, sampai kehilangan kesadaran. 

Penyakit ini biasanya timbul pada orang-orang yang memiliki riwayat stroke ataupun darah tinggi. Adanya kondisi yang menyebabkan cedera kepala parah juga bisa menjadi faktor risiko lain yang memicu herniasi otak. 

Namun, tahukah Anda bahwa berbagai kondisi yang menjadi penyebab herniasi otak bisa terjadi karena kebiasaan sehari-hari? Berikut ini adalah 8 kebiasaan yang mungkin Anda lakukan dan bisa menjadi pemantik munculnya penyebab herniasi otak. 

Suka Begadang 

Apakah Anda termasuk orang yang suka begadang? Mulai sekarang, lebih baik Anda menghentikan kebiasaan begadang tersebut karena bisa memicu berbagai penyakit. Kondisi herniasi otak sendiri bisa lebih rentan Anda alami apabila masih suka begadang. Pasalnya ketika Anda hobi begadang dan kurang tidur malam, risiko darah tinggi akan lebih mengintai Anda. 

Makan Berlebihan 

Salah satu faktor risiko dari stroke ataupun hipertensi yang dapat menjadi penyebab herniasi otak adalah berat badan berlebih atau obesitas. Makan berlebihan sendiri menjadi faktor kunci yang bisa membuat berat badan Anda bertambah dan sulit dikendalikan. Masih yakin tidak mau diet untuk mengurangi berat badan agar lebih ideal? 

Sedikit Asupan Serat 

Semakin sedikit serat yang Anda konsumsi tiap hari, semakin rentan Anda mengalami berbagai penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah, seperti stroke, penyakit jantung, ataupun tekanan darah tinggi. Mulailah untuk memperbanyak asupan serat agar faktor risiko herniasi otak akibat penyakit pembuluh darah bisa dikurangi. Untuk itu, tentu Anda harus lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah. 

Banyak Konsumsi Garam 

Hati-hati dalam menabur garam pada makanan Anda. Terlalu banyak garam pada makanan yang Anda konsumsi bisa memicu berbagai risiko penyakit serius. Bukan hanya penyakit jantung ataupun penyakit darah tinggi, kebanyakan konsumsi garam juga bisa memicu terjadinya herniasi otak di kemudian hari. Tidak ingin demikian, bukan? 

Malas Berolahraga 

Biasakanlah untuk berolahraga minimal 30 menit tiap hari. Malas berolahraga atau bahkan jarang bergerak karena kebanyakan duduk di depan layar rentan menimbulkan berbagai risiko penyakit. Aktivitas fisik yang sangat terbatas ini juga menjadi faktor risiko yang kuat munculnya herniasi otak akibat adanya tekanan darah tinggi ataupun stroke di kemudian hari. 

Gemar Konsumsi Alkohol 

Alkohol mudah menimbulkan peradangan di tubuh Anda. Ketika gemar mengonsumsi alkohol, peradangan juga bisa terjadi di bagian otak. Inilah yang menjadi risiko bergesernya jaringan otak karena munculnya celah di batang otak. Mulai kurangi pengonsumsian alkohol Anda sekarang agar tidak perlu berhadapan dengan risiko herniasi otak yang tidak bisa dipandang enteng ini. 

Merokok 

Rokok adalah sumber berbagai penyakit, termasuk herniasi otak. Masalahnya ketika Anda banyak mengonsumsi rokok ataupun sering terpapar asap rokok, risiko tekanan darah tinggi maupun stroke akan semakin besar. Komplikasi penyakit yang mengarah ke herniasi otak pun menjadi semakin sulit dihindari. 

Berkendara Tanpa Helm 

Bukan hanya dari penyakit, herniasi otak juga bisa muncul karena adanya cedera kepala yang parah. Cedera parah di kepala umum terjadi pada pengendara motor yang terjatuh tanpa perlindungan helm. Karena itu, memakai helm sangat penting untuk menghindari cedera tersebut dan tentu saja meminimalkan risiko herniasi otak. 

*** 

Selain menghentikan berbagai kebiasaan di atas, sebaiknya Anda juga rutin melakukan pemeriksaan kesehatan rutin tiap tahun. Dengan begitu, adanya faktor risiko yang mengarah pada herniasi otak bisa lebih cepat diketahui dan dilakukan pencegahan agar penyakit tersebut tidak sampai menyerang Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *