Bentuk Kapas Bulat hingga Kotak, Kenali Bedanya!

kapas bulat

Kapas memiliki bentuk dan juga fungsi yang berbeda-beda. Fungsi kapas bulat tentu berbeda dengan kapas yang berbentuk persegi.

Agar penggunaannya semakin optimal, terutama jika Anda ingin menggunakan kapas untuk perawatan wajah, penting untuk tahu kapas mana yang harus Anda gunakan supaya efektif dan memberikan hasil yang baik. 

Ragam dan Fungsi Bentuk Kapas

Mungkin Anda berpikir, kapas bentuk apapun bisa digunakan untuk segala macam hal karena sama-sama terbuat dari kapas. Namun ternyata, beda bentuk kapas, beda pula fungsinya.

Mengetahui apa fungsi dari masing-masing bentuk kapas sangat penting agar bisa mendapatkan hasil yang optimal. Berikut ragam dan fungsi bentuk kapas:

1. Kapas persegi

Adalah bentuk kapas yang paling sering dijumpai dan digunakan oleh orang-orang. Kapas persegi banyak dijual mulai harga terjangkau hingga harga fantastis dengan kualitas tinggi.

Soal tekstur, kapas persegi umumnya punya serat yang lebih tebal dibanding kapas lainnya. Kemudian ukurannya juga relatif lebih besar, oleh karena itu mampu menyerap cairan dalam jumlah banyak.

Ini sebabnya kapas persegi sering digunakan untuk berbagai macam keperluan, dari membersihkan makeup, mengusap toner, hingga urusan kesehatan seperti membersihkan luka. Kapas ini juga ideal untuk perawatan kuku karena permukaannya yang lembut.

2. Kapas bundar

Kapas berbentuk bundar serta agak lebih tipis dibanding kapas persegi ini merupakan kapas hipoalergenik. Artinya, kapas dengan bentuk ini aman digunakan untuk kulit sensitif karena memiliki tekstur super lembut, bebas serat, kuat, dan daya tahannya lama.

Bagi Anda yang memiliki wajah berjerawat, sangat dianjurkan untuk menggunakan kapas jenis ini agar tidak semakin iritasi. Secara umum fungsi kapas bundar hampir sama dengan kapas persegi.

Tapi kini banyak kapas bundar yang dilengkapi dengan permukaan berteknologi micro head exfoliating surface. Sehingga tak hanya membersihkan wajah tapi juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati, cocok saat Anda melakukan proses deep cleansing. 

3. Kapas bola

Kapas bola alias kapas bulat dibuat dengan membentuk kapas menyerupai bola kecil. Kapas ini juga multifungsi, tapi jenis kapas ini lebih banyak digunakan pada bayi.

Hal in disebabkan kapas bola memiliki permukaan yang lebih lembut dibandingkan dua bentuk kapas lainnya. Sehingga tidak menimbulkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif.

Merendam kapas bulat dalam aseton juga bisa membantu membersihkan dan juga proses perawatan kuku, sehingga bisa menghindarkan kulit Anda dari terkena aseton.

Tips Memilih Kapas yang Baik untuk Kulit

Apapun bentuknya, Anda sebaiknya memilih kapas dengan kualitas yang baik sehingga aman untuk digunakan di kulit. Begini cara memilih kapas yang baik dan tepat untuk kulit:

1. Punya daya serap tinggi

Kapas yang terbuat dari 100% kapas murni umumnya mempunyai daya serap yang tinggi. Dengan daya serap yang tinggi membuat Anda tidak boros dan lebih efisien saat menggunakannya.

Kapas bulat dan kapas persegi memiliki tekstur yang lebih tebal dan lebar sehingga mampu menyerap dengan lebih baik. 

2. Tekstur yang lembut

Beberapa kapas memiliki tekstur yang lembut di kedua sisinya, sehingga ideal untuk digunakan sehari-hari dan juga pada orang yang memiliki kulit sensitif. Pilih kapas dengan tekstur lembut di kedua atau satu sisi.

Meskipun kapas bulat tidak memiliki tekstur yang sama, tapi kapas jenis ini justru memiliki tekstur yang lebih lembut. Tapi tidak semua merk memiliki tekstur yang sama, sehingga sebaiknya pastikan terlebih dahulu sebelum membelinya. 

3. Sekali pakai atau bisa dipakai berulang?

Sebagian besar kapas yang dijual di pasar didesain untuk penggunaan sekali pakai. Meskipun banyak juga yang tidak dijual mahal, tapi penggunaan sekali pakai bisa membahayakan lingkungan.

Tidak seperti kapas bulat, kapas persegi dan bundar biasanya memiliki bentuk yang lebih lebar dan besar. Sehingga Anda bisa memotongnya setengah untuk membuatnya tahan lebih lama. Atau, Anda bisa menggunakan alternatif kapas reusable yang bisa dipakai berulang dan lebih ramah lingkungan. 

Alternatif Kapas yang Ramah Lingkungan

Agar tidak menumpuk menjadi sampah yang berbahaya bagi lingkungan, beberapa kapas reusable kini tersedia sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan. Biasanya berbahan bambu organik, kapas ini bisa Anda cuci bersih dan pakai berulang kali. 

Kapas jenis ini memang tidak berdaya serap tinggi dengan kapas biasa. Akan tetapi, tentunya kapas ini lebih ekonomis karena satu kapas bisa dipakai hingga ribuan kali.

Tentunya hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh kapas sekali pakai seperti kapas bulat, persegi, dan bundar. Jika Anda ingin lebih menjaga lingkungan sekitar, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih jenis kapas reusable mulai dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *