Cara Atasi Mata Tiba Tiba Bengkak pada Anak

Salah satu kondisi yang dapat terjadi pada anak adalah mata tiba tiba bengkak. Penyebab bengkak pada mata anak beragam, mulai dari kebiasaan mengucek mata hingga infeksi mata. Umumnya, mata bengkak pada anak terjadi karena reaksi alergi. 

Bintitan dan kalazion dapat menjadi penyebab mata anak bengkak.

Mata bengkak yang seringkali disertai rasa gatal bisa terjadi pada siapa saja, namun anak-anak rentan mengalaminya karena kekebalan tubuh mereka yang masih rendah. Selain itu, anak-anak juga belum mampu sepenuhnya menjaga kebersihan dirinya.

Ketika terjadi mata bengkak pada anak, jangan panik dulu. Segera lakukan penanganan pertama di rumah agar meredakan pembengkakan tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Mengompres

Kamu dapat mengompres mata tiba tiba bengkak yang dialami anak dengan kain bersih yang sebelumnya telah direndam dalam air dingin. Kamu juga bisa mengompres dengan menempelkan kantong kompres berisi es selama beberapa menit. 

Selain itu, kamu juga dapat mengompres dengan kantong teh yang telah dimasukkan dalam kulkas. Kandungan kafein dalam teh dapat membantu meredakan pembengkakan pada mata. Kompres ini berguna melancarkan penyumbatan pada kelenjar minyak.

  • Larutan air garam

Kamu juga dapat  menggunakan larutan air garam atau larutan saline untuk mengatasi mata tiba tiba bengkak yang dialami anak. Karena pada dasarnya sifat antimikroba garam akan meredakan mata bengkak oleh infeksi.

Namun ingat, larutan garam yang dimaksud, yakni saline. Larutan salin bisa dibeli apotek karena kebersihannya terjamin. Menggunakan air garam yang tidak bersih justru akan meningkatkan risiko iritasi dan infeksi.

  • Obat tetes mata

Jika mata bengkak dikarenakan alergi, kamu dapat menggunakan obat tetes dengan kandungan antihistamin. Obat ini bisa dibeli di apotek. Namun jika alerginya parah, lebih baik kamu membawa anak ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

  • Antibiotik

Jika bengkak pada mata tidak mereda, kelopak mata mungkin terserang infeksi. Infeksi bisa disebabkan karena selulitis, konjungtivitis, bintitan, blefaritis, dan penyumbatan saluran air mata parah. Pada kasus ini, dokter akan meresepkan antibiotik. Antibiotik ini yang akan mengatasinya. 

Berdasarkan penyebab dan keparahannya, antibiotik bisa diberikan dalam bentuk salep, tetes mata, krim, obat minum, dan infus. Perhatikan untuk tidak menggunakan antibiotik tanpa resep dokter.

Terkadang, mata tiba tiba bengkak yang dialami anak bisa muncul begitu saja. Namun, sebaiknya kamu harus mengetahui beberapa cara untuk mencegah terjadinya mata tiba tiba bengkak pada anak, yaitu:

  • Saat anak mandi, bersihkan juga area kelopak mata dengan air bersih atau sabun pembersih yang boleh terkena oleh mata;
  • Jangan pernah berbagi handuk atau waslap dengan siapa pun anggota keluarga yang sedang mengalami penyakit mata, seperti bintitan. Selain meningkatkan penularan infeksi, anak-anak juga rentan terkena infeksi berulang;
  • Ajarkan anak untuk selalu mencuci tangan dengan sesering mungkin. Ajarkan juga untuk tidak menyentuh area di sekitar mata saat tangan dalam keadaan kotor;
  • Saat anak harus beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya jauhkan bahan iritan dan benda berbahaya lainnya yang dapat menimbulkan risiko cedera pada mata anak.

Mata tiba tiba bengkak kemungkinan disebabkan oleh alergi atau kondisi lain yang lebih serius. Jika mata sudah bengkak segera atasi dengan cepat agar tidak kondisinya tidak bertambah parah. Kendati mengatasi mata tiba tiba bengkak pada anak cenderung sederhana, penting untuk selalu menjaga kesehatan mata anak agar penglihatannya tetap optimal. Sebab, tidak hanya mata bengkak, melainkan banyak gangguan mata yang bisa menyerang anak. Jika bengkak pada kelopak mata tidak berkurang, segera konsultasikan dengan dokter. Terutama ketika sudah mulai mengganggu penglihatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *