Kenali Gejala Flu Berat pada Anak

Kenali Gejala Flu Berat pada Anak

Imunitas tubuh yang lemah hingga kelelahan merupakan contoh penyebab anak mengalami sakit flu. Aktivitas anak yang cenderung bebas dan aktif seringkali berpapasan dengan berbagai kondisi, misalnya: berada di tempat yang rawan dengan debu, terkena hujan, naik sepeda motor, atau terlalu lama terkena kipas angin. Gejala flu berat  tidak jarang juga dialami oleh balita.

Jika tidak mendapat pengawasan dan penanganan yang tepat, maka gejala tersebut dicemaskan dapat memperburuk kondisi kesehatan anak. Lantas, apa saja gejala flu berat pada anak yang harus dikenali? Sebelum membahas mengenai gejala flu berat ada anak, ada baiknya untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab anak mengalami sakit flu. Berikut penjelasannya!

Penyebab & Gejala Flu Berat pada Anak

Anak-anak yang aktif beraktivitas terkadang membutuhkan pengawasan lebih dalam dari orangtuanya. Kita harus memastikan mereka bermain di tempat yang aman, tidak sembarangan menaruh sesuatu di mulut, mencuci tangan sebelum makan, atau mencegah anak untuk tidak bermain di tengah-tengah hujan. Hal tersebut dilakukan demi menjaga dan menghindarkan anak dari berbagai penyakit, salah satunya adalah flu. Berikut hal-hal yang menyebabkan flu pada anak yang harus Anda ketahui:

  • Anak terlalu lelah
  • Imunitas yang menurun
  • Tertular dari orang yang sakit flu 
  • Perubahan cuaca yang ekstrim

Selain itu, kurangnya asupan nutrisi dan vitamin juga menjadi salah satu penyebab anak mudah terkena sakit flu. Berdasarkan laporan C.D.C, anak dikategorikan terkena gejala flu berat apabila mengalami gejala berikut:

  • Demam tinggi
  • Flu yang disertai demam dan batuk yang tidak kunjung membaik.
  • Asupan air yang tidak tercukupi
  • Badan terlalu lemas dan menggigil
  • Sakit kepala
  • Pilek disertai lendir hidung
  • Tenggorokan sakit

Mencegah Flu dengan Menjaga Imunitas Anak

Berikut cara menjaga daya tahan tubuh anak untuk meminimalisir risiko terkena gejala flu berat. Hal tersebut dapat diterapkan dengan beberapa hal, di antaranya adalah:

Menjaga suasana hati tetap ceria

Upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan berbagai pilihan aktivitas menyenangkan, seperti: bermain mainan edukasi, ajak anak untuk memasak atau mencoba pengalaman ‘outdoor’ di halaman rumah. Ajak pasangan Anda untuk berpartisipasi, sehingga anak tidak merasa kesepian meski harus berada di rumah saat pandemi  Covid-19 tengah berlangsung. 

Ajak anak tetap aktif berolahraga

Ada berbagai pilihan olahraga yang bisa ditawarkan kepada anak-anak. Ajak mereka untuk berenang, bersepeda, jogging, atau bermain bola basket di halaman rumah. 

Pemenuhan kebutuhan gizi, vitamin, dan mineral yang tercukupi

Awasi supaya anak tetap teratur dan tidak pemilih saat makan. Amati makanan dan buah-buahan apa saja yang ia sukai, kemudian cermati apa saja yang anak tidak sukai. Pastikan kondisi tersebut tidak menghalangi anak mendapatkan asupan gizi, vitamin, dan mineral.

Pastikan anak cukup tidur

Cari tahu apa yang menjadi penyebab anak susah tidur. Barangkali anak susah terlelap di malam hari karena tidak tidur siang atau terlalu sering bermain smartphone.  

Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Upaya tersebut dapat dimulai dari kebiasaan mencuci tangan sebelum makan. Jaga kebersihan alat-alat makan dan cegah anak jajan sembarangan dengan menyajikan berbagai kudapan buatan sendiri. 

Itulah penyebab, cara mengatasi, dan ciri-ciri gejala flu berat pada anak. Apalagi saat ini kita sedang berada di tengah situasi darurat pandemi Covid-19. Edukasi saja tidak cukup. Si kecil harus tetap dijaga dan diawasi supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *