Keakuratan Swab Antigen dan Metode Lain untuk Mendeteksi Covid-19

Dalam memilih tes untuk mendeteksi Covid-19, ada beberapa hal yang biasa menjadi pertimbangan, seperti biaya, kemudahan, dan tingkat akurasi. Baik tes swab antigen maupun tes swab PCR memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sebelum menentukan tes apa yang akan Anda pilih untuk diagnosis, penting untuk memahami jenis-jenis tes yang ada dan kelebihan maupun kekurangan dari masing-masing jenis, salah satunya adalah dari segi keakuratan swab antigen.

Mengenal Jenis-Jenis Tes Covid-19

Secara garis besar, tes Covid-19 dapat dibagi menjadi tes yang dapat mendeteksi apakah Anda pernah terinfeksi Covid-19, dan tes yang dapat mendeteksi apakah Anda saat ini sedang terinfeksi Covid-19.

Tes yang dapat mendeteksi infeksi Covid-19 di masa lampau disebut tes antibodi. Tes antibodi memeriksa apakah telah ada antibodi yang terbentuk dari infeksi Covid-19, sehingga ideal untuk digunakan jika Anda ingin melakukan donasi plasma konvalesen. Akan tetapi, tes ini tidak disarankan digunakan untuk mendeteksi infeksi yang baru terjadi.

Tes yang dapat mendeteksi infeksi Covid-19 yang sedang terjadi dapat dibagi menjadi dua, yaitu tes molekuler dan tes antigen. Tes molekuler, atau tes swab PCR, bekerja dengan mendeteksi gen yang terdapat di dalam virus Covid-19. Sementara itu, tes antigen mendeteksi protein yang terdapat dalam virus Covid-19 dengan menggunakan antibodi.

Kelebihan dan Kekurangan Swab Antigen dan Metode Lain

Swab Antigen

Tes swab antigen bekerja dengan mendeteksi protein pada virus Covid-19. Menggunakan alat usap atau swab, protein virus didapatkan dari sampel lendir yang diambil dari hidung dan dicampurkan dengan antibodi yang dapat mendeteksi kandungan protein tersebut.

Secara fungsi, alat tes swab antigen serupa dengan alat tes kehamilan yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Hasil yang didapatkan pun relatif cepat, dalam kurun waktu 15 hingga 30 menit. Kemudahan penggunaan dan pemeriksaan hasilnya juga membuat harga tes antigen lebih terjangkau dibandingkan tes swab PCR.

Di sisi lain, tingkat akurasi swab antigen terbilang lebih rendah dibandingkan tes swab PCR. Saat ini, swab PCR masih menjadi gold standard untuk mendeteksi Covid-19. Tingkat akurasi tersebut ditentukan oleh prosedur pengambilan sampel dan waktu pengambilan sampel setelah penularan terjadi.   

Swab PCR

Seperti tes swab antigen, tes PCR juga menggunakan alat usap atau swab untuk mendapatkan sampel. Tes ini memeriksa kandungan gen pada virus Covid-19 yang terdapat pada sampel lendir dari hidung dan tenggorokan.

Dibandingkan tes swab antigen, akurasi tes swab PCR lebih tinggi. Tingkat false negative, atau tes dengan hasil negatif pada pasien positif, pada tes swab PCR lebih rendah dibandingkan pada tes antigen. Sama seperti tes antigen, akurasi tes swab PCR dipengaruhi oleh jarak waktu tes dengan waktu tertular.

Meski lebih akurat, tes PCR juga memiliki kekurangan. Pemeriksaan hasil tes harus dilakukan di laboratorium khusus dengan peralatan yang spesifik, sehingga membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Pemeriksaan hasil juga membutuhkan waktu lebih lama, sehingga lebih sering terjadi penumpukan pemeriksaan hasil tes hingga berhari-hari.  

Metode apa yang paling akurat?

Saat ini, belum ada cara yang pasti untuk dapat mengukur tingkat keakuratan tes untuk mendeteksi Covid-19. Umumnya, akurasi tes dapat dilihat dari tingkat false negative dan false positive yang dihasilkan. Kondisi false negative dan false positive dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya penularan yang tidak terdeteksi, serta penanganan yang terlambat.

Hingga saat ini, tingkat false negative hasil tes swab antigen lebih tinggi dibandingkan pada swab PCR. Jika Anda telah mendapat hasil negatif dari hasil tes antigen namun masih menunjukkan gejala Covid-19, segera berkonsultasi dengan dokter atau melakukan pemeriksaan ulang dengan swab PCR untuk memastikan hasil yang didapat.

Akurasi tes juga ditentukan oleh ketepatan prosedur yang dilakukan. Hasil tes, baik untuk swab antigen maupun PCR, akan lebih akurat jika dilakukan dengan prosedur yang tepat dan oleh petugas yang berpengalaman. Oleh karenanya, penting untuk memilih fasilitas kesehatan yang dapat dipercaya untuk menjalani tes Covid-19, seperti di puskesmas, klinik, atau rumah sakit setempat.

Anda bisa booking untuk melakukan swab antigen lewat aplikasi SehatQ yang bisa langsung didownload melalui Google Play Store / App Store sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *