Kesal dengan Penyebab Jerawat, Ini Tips Mengatasinya

Kesal dengan Penyebab Jerawat, Ini Tips Mengatasinya

Penyebab jerawat ada di mana saja dan siap menyerang Anda kapan saja. Jika sudah terkena jerawat yang bertaburan di wajah, bersiaplah pula dengan rasa tidak nyaman serta kepercayaan diri yang menurun. 

Namun, bukan berarti Anda harus menyerah. Anda mungkin sering terkena paparan penyebab jerawat yang bisa timbul dari debu sama makanan. Namun, Anda juga dapat melakukan banyak cara untuk mencegah dan menanganinya. 

Cara mengatasi penyebab jerawat pun sebenarnya tidak sulit dan sampai membuat Anda pusing. Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi jerawat, mulai dari pencegahan sampai penanganan, yang sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. 

  1. Cuci Muka dengan Benar 

Biasakanlah mencuci wajah 2 kali dalam sehari ditambah saat Anda berkeringat. Membiarkan keringat menggenangi wajah akan membuat wajah berminyak dan menyumbat pori-pori sehingga jerawat lebih mudah muncul. Ketika mencuci wajah, lakukan pula dengan benar. Gunakanlah air hangat dan pembersih wajah bebas alkohol. Jangan lupa membilas wajah sampai bersih dan mengeringkannya dengan optimal. 

  1. Rutin Keramas 

Rambut yang kotor dan berminyak dapat menjadi sarang penyebab jerawat. Masalahnya, kotoran dan minyak dari rambut akan mudah jatuh ke wajah dan menimbulkan bakteri penyebab jerawat. Biasakanlah keramas 2—3 hari dalam seminggu. Namun jika Anda memiliki jenis rambut berminyak, biasakanlah mencuci rambut setiap hari. 

  1. Lindungi dari Sinar Matahari 

Terik matahari dengan sinar ultraviolet juga menjadi penyebab jerawat yang mesti Anda waspadai. Pasalnya, sinar ultraviolet mudah membuat kulit kering dan teriritasi sehingga memunculkan jerawat. Anda bisa melindungi kulit dari sinar matahari untuk mengurangi jerawat. Memakai topi ataupun tabir surya setiap kali hendak berkegiatan di luar ruangan dapat menjadi pilihan yang bijak. 

  1. Gunakan Pelembap Kulit

Jangan lupa menggunakan pelembap kulit tiap kali sehabis mandi. Pelembap tidak hanya mampu melindungi Anda dari masalah kulit. Kulit yang lembap dan sehat juga dapat meminimalkan risiko iritasi dan serangan bakteri penyebab jerawat. 

  1. Jangan Sentuh Wajah

Tangan Anda adalah sumber dari perpindahan bakteri dan virus, tidak terkecuali bakteri penyebab jerawat. Semakin sering tangan Anda memegang wajah, semakin rentan pula Anda menghadapi serangan jerawat. Mulai sekarang, biasakan tidak menyentuh wajah sembarangan dengan tangan. Jika memang terasa gatal dan merasa harus menyentuh wajah, sebaiknya Anda mencuci tangan terlebih dahulu. 

  1. Pastikan Cukup Minum

Kurang minum air putih ternyata bisa menjadi penyebab jerawat yang tidak disangka-sangka. Ini karena kurangnya cairan tubuh mudah membuat kulit mengalami iritasi dan berimbas ke masalah jerawat. Pastikan konsumsi air minum Anda dalam sehari cukup, sekurang-kurangnya 2,5 liter tiap harinya. 

  1. Kurangi Makanan Pemicu 

Berbagai makanan yang selama ini Anda anggap ini bisa jadi adalah penyebab jerawat. Contohnya adalah burger, piza, cokelat, sampai produk susu dan olahannya. Anda bisa mencegah dan mengatasi jerawat dengan mengurangi konsumsi makanan pemicu masalah kulit yang satu ini. 

  1. Kelola Stres dengan Bijak

Stres sering kali menyebabkan peradangan yang dapat menimbulkan dan memperburuk jerawat. Namun tidak bisa disangkal, tiap orang pasti memiliki penyebab stresnya masing-masing yang sulit dihindari. Yang bisa Anda lakukan adalah mengelolanya dengan bijak. Anda bisa bermeditasi, berolahraga, sampai melakukan hobi yang menyenangkan untuk mengurangi tingkat stres dan menangani masalah jerawat yang selama ini mengganggu. 

*** 

Jika berbagai cara di atas tidak bisa menandingi masalah dari penyebab jerawat Anda, tidak ada salahnya berobat ke dokter kulit. Umumnya, dokter akan menganjurkan Anda menjalani terapi laser untuk menuntaskan masalah jerawat secara cepat dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *