Ketahui Prosedur Histeroscopi di RSIA Setya Bhakti

RSIA Setya Bhakti adalah salah satu rumah sakit yang memiliki pelayanan dengan keunggulan atau spesialis dalam bidang kebidanan dan kandungan serta persoalan kesehatan anak. Sebelumnya, RSIA Setya Bhakti dimulai saat PT Husada Bhakti membangun RS Setya Bhakti yang kemudian diubah menjadi bernama Klinik Setya Bhakti. Namun, setelah perubahan tersebut, klinik itu berubah menjadi Klinik Utama Rawat Jalan Setya Bhakti. Namun, kini rumah sakit tersebut menjadi berkembang dengan nama RSIA Setya Bhakti. 

RSIA Setya Bhakti memiliki pelayanan yang menyediakan kesehatan ibu dan anak-anak secara profesional, berkualitas dan memiliki tarif yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Salah satu pelayanan yang bisa Anda dapatkan dari RSIA Setya Bhakti adalah histeroskopi.

Histeroskopi adalah prosedur yang dilakukan dengan cara dokter memasukkan suatu perangkat berdiameter kecil ke dalam rahim. Perangkat tersebut dilengkapi dengan penerangan seperti lampu dan kamera kecil di ujung yang dapat memudahkan dokter untuk melihat bagian di dalam rahim.

Prosedur histeroskopi biasanya dilakukan untuk tujuan tindakan pembedahan atau diagnostik. Histeroskopi juga dapat digunakan untuk:

  • mengonfirmasi secara visual dari hasil tes lain yang telah dilakukan
  • membantu menghilangkan fibroid dan polip
  • terkait dengan prosedur laparoskopi
  • membantu prosedur pelebaran dan kuretase
  • digunakan untuk menemukan adanya malformasi rahim

Prosedur Histeroskopi

Prosedur histeroskopi dilakukan dengan dengan Anda dalam posisi yang sama seperti saat pemeriksaan ginekologi. Berikut beberapa prosedur yang dilakukan selama tindakan histeroskopi.

Dokter akan membentangkan leher rahim menggunakan alat yang disebut spekulum. Kemudian, dokter akan memasukkan alat histeroskopi melalui lubang vagina, lalu dokter akan terus memindahkannya melalui serviks dan kemudian ke dalam rahim.

Kemudian cairan atau gas karbon dioksida kemudian akan diberikan dengan lembut ke dalam rahim melalui suatu perangkat untuk membersihkan permukaan dan membantu sedikit melebarkan. Selain itu, alat histeroskopi memiliki cahaya dan kamera yang memudahkan dokter untuk melihat kondisi rahim dan saluran tuba. Hal ini akan memudahkan dokter untuk melakukan diagnosis masalah apapun atau jika akan melanjutkan prosedur bedah jika diperlukan.

Jika prosedur histeroskopi digunakan untuk tindakan pembedahan, biasanya perangkat bedah juga akan dimasukkan melalui tabung histeroskop untuk melakukan pembedahan. 

Pada umumnya, prosedur histeroskopi tidak menimbulkan rasa yang menyakitkan. Namun, Anda mungkin akan mengalami kram selama prosedur dilaksanakan. Oleh karena itu, dokter biasanya akan memesan beberapa jenis obat penenang untuk ANda konsumsi sebelum prosedur dilakukan agar Anda menjadi lebih rileks. Tingkat anestesi yang Anda butuhkan nantinya akan tergantung pada tujuan tindakan histeroskopi Anda. Proses pelaksanaan prosedur histeroskopi juga sebenarnya hanya berlangsung sebentar, yaitu 5 menit hingga 30 menit tergantung pada apa yang dilakukan.

Namun, jika dilakukan untuk tujuan diagnostik saja, prosedur histeroskopi biasanya dilakukan di kantor dokter dengan menggunakan anestesi lokal. Hal ini biasanya berlaku untuk proses tindakan pengangkatan polip kecil. Saat histeroskopi digunakan bersama dengan prosedur pembedahan yang lebih mendalam, biasanya tindakan tersebut dilakukan di rumah sakit. Selain itu, hal tersebut juga memerlukan anestesi umum yang tergantung pada tingkat operasi yang diperlukan.

Setelah prosedur histeroskopi dilakukan, Anda bisa langsung makan atau minum. Jika prosedur histeroskopi memerlukan anestesi regional, maka dokter akan meminta Anda untuk menunggu sampai efeknya hilang sebelum mengizinkan Anda untuk pulang. Biasanya hal ini akan memakan waktu kurang dari satu jam, tapi bisa juga lebih lama tergantung pada jumlah anestesi yang digunakan.

Untuk Anda yang membutuhkan prosedur histeroskopi, Anda bisa mendapatkannya melalui rumah sakit yang menyediakan layanan tersebut seperti RSIA Setya Bhakti. RSIA Setya Bhakti berada di Jl. Raya Bogor Km 30 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Depok. RSIA Setya Bhakti memiliki jam operasional hari Senin sampai Minggu mulai pukul 00.00 hingga 23.59.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *