Mengobati Asam Urat Tinggi di dalam Tubuh dengan Alofar Kaplet

alofar

Asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh dan keberadaannya adalah normal dalam darah dan urine. Namun, jika kadar asam urat di dalam tubuh terlalu tinggi maka dapat membahayakan. Asam urat dapat diatasi dengan perubahan perilaku gaya hidup dan mengonsumsi obat seperti Alofar.

Kadar asam urat yang tinggi di dalam medis disebut dengan hiperurisemia. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga mengonsumsi makanan dengan purin tinggi terlalu banyak. Sebelum membahas cara mengatasi asam urat, Anda dapat mengetahui penyebabnya terlebih dahulu secara rinci.

Penyebab asam urat tinggi

Penyebab umum dari asam urat adalah mengonsumsi makanan yang tinggi akan purin. Namun, terdapat beberapa penyebab lainnya yaitu:

1. Gangguan metabolisme purin

Jika seseorang mengalami gangguan metabolisme purin bawaan, maka produksi asam urat di dalam tubuhnya bisa menjadi sangat berlebihan. Hal inilah yang membuatnya rentan terkena penyakit asam urat.

2. Konsumsi obat tertentu

Beberapa jenis obat tertentu seperti pirazinamid, obat diuretik, atau salisilat dapat membuat pembuangan asam urat di tubuh menjadi sangat berkurang. Hal ini dikarenakan ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang berlebih di dalam tubuh. 

3. Aktivitas enzim yang berlebih

Kadar asam urat yang tinggi dapat disebabkan karena kelainan hetediter, pembawa sifat, gen, dan turunan.

Aktivitas enzim fosforbosil pirofosfat sintetase (PRPP-sintetase) yang berlebih juga menyebabkan kadar asam urat di dalam tubuh menjadi tinggi.

4. Kondisi lapar

Perut kosong dan keadaan kelaparan dapat menyebabkan pembuangan asam urat di dalam tubuh sangat berkurang. Jika hal ini terjadi, tubuh akan kekurangan kalori dan kemudian tubuh akan membakar lemak. Hasil dari pembakaran lemak adalah zat keton yang dapat menghambat keluarnya asam urat melalui ginjal.

5. Olahraga terlalu berat

Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh, namun tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Jika aktivitas olahraga terlalu berat, dapat membuat pembuangan asam urat berkerang dan menimbulkan penumpukan asam laktat di otot. Hal inilah yang membuat terjadinya kadar asam urat di dalam tubuh menjadi tinggi.

Mengatasi kadar asam urat yang tinggi

Kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh akan menyebabkan rasa sakit pada sendi. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan es batu dan menempelkannya pada sendi yang terasa nyeri. Jika rasa sakit tidak kunjung reda, Anda dapat mengonsumsi obat seperti Alofar. 

Alofar Kaplet merupakan obat yang bekerja untuk mengurangi kelebihan asam urat di dalam tubuh. Asam urat menyerang sendi tubuh, dan kerusakan sendi karena peningkatan kadar asam urat yang tinggi dapat diatasi dengan obat ini.

Kandungan dan aturan pakai Alofar Kaplet

Alofar kaplet terdiri dari zat aktif allopurinol yang mana zat ini bekerja secara efektif untuk mengurangi pembentukan asam urat di dalam tubuh dan menghambat sintesis purin.

Untuk aturan pakai dari Alofar kaplet adalah sebagai berikut:

Pasien dewasa

  • Dosis awal: 1 kali per hari dengan takaran 1 kaplet, Dosis maksimal: 900 mg/hari
  • Asam urat tinggi karena terapi kanker: 600 hingga 800  mg per hari dengan dosis terbagi yaitu, 2 hingga 3 hari sebelum perawatan kanker.
  • Batu ginjal karena kalsium oksalat: 200 hingga 300 mg per hari.

Anak usia 15 tahun ke bawah dan penderita hiperurisemia karena terapi kanker: takaran 10 hingga 20 mg per hari

Penggunaan obat ini harus sesuai anjuran pada kemasan. Jika terdapat petunjuk khusus dari dokter, Anda dapat mengikuti petunjuk tersebut.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Saat mengonsumsi Alofar kaplet, akan terdapat beberapa efek samping yang mungkin dapat muncul, seperti:

  • Ruam atau kemerahan pada kulit
  • Demam dan menggigil
  • Nyeri sendi
  • Jumlah sel darah putih berkurang
  • Peradangan pada pembuluh darah
  • Mual dan muntah
  • Malaise

Jika wanita hamil dan menyusui serta pasien gangguan fungsi ginjal mengonsumsi obat ini, maka harus dalam pantauan dan perhatian khusus.

Untuk menjaga kualitas Alofar kaplet, Anda dapat menyimpannya pada tempat yang kering dan sejuk serta jauh dari paparan sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *