Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Kandungan Di RSU Muhammadiyah Siti Aminah


RSU Muhammadiyah Siti Aminah

Selama masa mengandung, ibu hamil harus mendapatkan perawatan secara maksimal dengan tujuan untuk menjaga kesehatan ibu dan calon bayi. Pemeriksaan selama kehamilan bisa membantu ibu mengetahui perkembangan janin dan memantau kesehatan ibu selama sembilan bulan mengandung. Ibu hamil juga bisa terhindar dari komplikasi yang mungkin bisa terjadi. Jika Anda berada di daerah Bumi Ayu, Jawa Tengah, Anda bisa memeriksakan kandungan ke Poli Kandungan dan Kebidanan yang ada di RSU Muhammadiyah Siti Aminah.

Pemeriksaan rutin kandungan di RSU Muhammadiyah Siti Aminah ini tentunya akan memberikan manfaat untuk Anda. Rutin melakukan pengecekan kandungan ini, selain mengetahui bagaimana kondisi janin, Anda juga akan mendapat informasi seperti ini.

  • Bantu Mencegah Komplikasi

Dikarenakan kondisi fisik yang cukup rentan mengalami komplikasi, ibu hamil harus rutin melakukan pengecekan. Komplikasi yang rentan dialami adalah hipertensi dan diabetes gestasional.  Dengan melakukan pemeriksaan, ibu bisa mengetahui seberapa besar kemungkinan mengalami komplikasi tersebut.

  • Tahu Perkembangan Janin 

Selain mengetahui kesehatan ibu, rutin melakukan pengecekan ke dokter kandungan juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi tumbuh kembang janin.  Mulai dari bagian tubuh mana saja yang sudah muncul, sampai kemungkinan-kemungkinan penyakit yang ada pada janin. Nantinya dokter akan mengecek irama jantung, memeriksa ukuran dan posisi bayi, sampai melakukan berbagai macam tes kelainan.

  • Bantu Ibu Mempersiapkan Kelahiran 

Selain memberikan informasi terkait kesehatan ibu dan calon bayi, rutin melakukan pemeriksaan ke dokter juga bisa menambah wawasan mengenai persalinan dan kesiapan ibu menjelang hari-H.  Biasanya, ibu akan diberikan asupan pengetahuan baru tentang kehamilan setiap sesi konsultasi.

Selain rutin memeriksakan kondisi kandungan, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan USG.  Prosedur pemeriksaan USG sudah dapat dilakukan ibu hamil sejak kehamilan trimester 1. Hal ini dilakukan agar dokter bisa memeriksa bagaimana perkembangan janin dan sudah seberapa jauh kehamilan Anda. Biasanya, Anda akan direkomendasikan untuk melakukan USG 3D maupun 4D saat sudah memasuki kehamilan trimester 2 serta trimester 3.

Pemeriksaan USG ini akan mengetahui secara detail bagaimana kondisi kandungan, termasuk ketika dokter mencurigai adanya komplikasi atau masalah kehamilan sehingga diperlukan USG tambahan agar gambar terlihat jelas. Berikut ini pemeriksaan USG 4D yang bisa Anda lakukan.

– Persiapan yang perlu dilakukan

Sebenarnya, tidak ada persiapan khusus ketika Anda akan melakukan USG 4 dimensi karena ini bukanlah tindakan pembedahan. Namun, sebaiknya hindari makan atau minum terlalu banyak agar gambarnya terlihat lebih jelas. Lalu, gunakanlah pakaian yang nyaman dan longgar karena Anda akan diminta untuk memperlihatkan bagian perut saat proses berlangsung.

– Saat prosedur

Pertama, dokter akan meminta Anda berbaring dan memperlihatkan area tubuh tertentu yaitu perut. Lalu, ia akan mengoleskan gel khusus yang akan terasa dingin. Gel dingin nantinya akan dioleskan menggunakan alat pemindai khusus. Alat yang digunakan akan bergerak maju mundur juga mengitari perut hingga gambar dan pergerakan bayi terlihat jelas. Dokter akan menjelaskan bagaimana keadaan kehamilan serta bayi di dalam kandungan saat dan setelah prosedur USG 4D. Setelah selesai, gel yang tersisa akan dibersihkan.

Pemeriksaan USG standar maupun 4 dimensi, dokter akan melihat bagaimana perkembangan fisik bayi di dalam kandungan. Selain itu, ada pula informasi lainnya yang diberikan dokter, seperti posisi, pergerakan, napas, serta detak jantung bayi, estimasi ukuran dan berat badan bayi, mengetahui posisi plasenta sampai memungkinkan dokter untuk menghitung volume serta struktur organ tubuh seperti celah bibir, tumor, cacat, dan lain-lain. 

Jadi, jangan ragu untuk memeriksakan kandungan Anda di RSU Muhammadiyah Siti Aminah ini, ya! Anda bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi atau website SehatQ. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda agar tidak mengantri terlalu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *