Penyebab Payudara Dan Puting Gatal Bisa Sebabkan Kanker Payudara

Payudara dan puting gatal telah menjadi hal yang umum di alami wanita. Namun jika tidak ada ruam pada payudara penyebabnya mungkin akan sulit ditentukan. Ada berbagai kondisi yang menyebabkan gatal tetapi juga menghasilkan ruam seperti infeksi jamur, eksim, psoriasis. 

Mengapa payudara terasa gatal tanpa disertai ruam, walaupun sebagian besar penyebab tidak berbahaya. Apa saja gejala yang timbul, Anda harus tahu hal itu, karena gatal pada payudara juga bisa menjadi tanda awal dari terjadinya kanker payudara inflamasi yang langka.

Kami akan memberikan informasi apa saja penyebab terjadinya payudara gatal tanpa memiliki ruam. Berikut adalah panduan untuk beberapa penyebab payudara gatal, bagaimana Anda bisa mengobatinya di rumah, dan kapan harus ke dokter.

Terkadang rasa gatal pada payudara bisa menjadi tanda awal kanker payudara inflamasi atau penyakit Paget pada payudara. Namun, kondisi ini agak jarang terjadi, dan rasa gatal biasanya akan disertai dengan ruam, bengkak, kemerahan, atau nyeri tekan di area tersebut.

Apa penyebab kulit gatal di payudara?

Banyak hal yang bisa memungkinkan penyebab dari gatal pada bawah atau diantara kedua payudara Anda.Ketika ada ruam atau iritasi merah yang jelas, Anda mungkin berurusan dengan:

  • Infeksi ragi (kandidiasis) di daerah payudara adalah infeksi jamur yang sering terbentuk di daerah yang hangat dan lembab di bawah payudara. Mereka biasanya merah, teriritasi, dan sangat gatal.
  • Dermatitis atopik atau eksim ini terjadi karena disebabkan ruam merah yang berada pada sekitar payudara serta area kulit lainnya. Hal ini umumnya disebabkan oleh kulit yang tidak mampu untuk menahan kelembapan dan bakteri baik yang membantu melindunginya dari iritasi.
  • Psoriasis membentuk bercak merah gatal pada kulit kering dan mati karena pertumbuhan sel kulit yang tidak terkendali. Adalah umum untuk mendapatkan bercak psoriasis yang teriritasi pada atau di bawah payudara.
  1. Kulit Kering 

Terjadinya payudara dan puting gatal ini bisa disebabkan karena Anda rentan dengan kulit kering di sekitar payudara. Hal itu dapat terjadi kulit mengalami kering dengan alami, atau terjadinya kering dari pemakaian produk perawatan kulit yang keras, serta tidak sesuai dengan kulit Anda. 

Selain itu, penyebab terjadinya gatal pada area payudara juga bisa disebabkan kulit kering karena terlalu banyak kena sinar matahari. Kulit kering juga bisa menyebabkan gatal pada bagian bawah payudara Anda. 

Oleh sebab itu, gunakan pelembab atau tabir surya untuk dapat mencegah kulit kering. Anda juga bisa melakukan dengan menyimpan krim pada lemari es dan melakukan olesan ke payudara Anda, karena dapat mendinginkan kulit dan mengurangi rasa gatal. 

  1. Pertumbuhan Payudara

Payudara yang tumbuh akan menyebabkan kulit pada sekitarnya merengang, dan bisa menyebabkan payudara Anda terasa gatal dan kurang nyaman. Apa yang menyebabkan payudara bisa tumbuh yaitu karena pubertas, kehamilan, karena adanya naiknya berat badan, serta perubahan hormonal, seperti selama siklus menstruasi. 

  1.  Reaksi Alergi 

Kulit bisa terjadi iritasi karena penggunaan produk yang menyebabkan alergi, produk itu diantaranya seperti sabun, deterjen, deodoran, parfum, kosmetik. Alergi memiliki reaksi yang memiliki ruam kemerahan yang terlihat jelas. Reaksi dari alergi ini bisa sangat terasa gatal yang parah.

  1.  Kanker Payudara 

Terjadinya rasa gatal yang terjadi pada payudara dapat menjadi penyebab dari gejala kanker payudara, namun hal ini sangat jarang terjadi. Menurut National Breast Cancer Foundation mencantumkan ciri payudara yang gatal sebagai gejala karena bentuk kanker payudara langka atau disebut juga dengan kanker payudara inflamasi. 

Selain itu, penderita kanker payudara juga mengalami ruam dan merasakan payudara menjadi hangat dan bengkak. Jika payudara dan puting gatal, hal ini bisa menjadi gejala dari bentuk payudara yang langka atau disebut juga dengan payudara paget. 

  1.  Ruam panas 

Ruam panas serta keringat pada bawah payudara bisa membuat kulit Anda menjadi kemerahan, dan gatal serta terdapat benjolan atau juga adanya lecet. Kain yang dingin bisa meredakan rasa gatal yang terjadi dalam sehari. 

Ruam panas dapat memengaruhi bagian tubuh mana pun yang memiliki kelenjar keringat, dan sering muncul di, di antara, atau di bawah payudara. Nama lainnya yaitu berupa biang keringat atau disebut juga dengan miliaria.

Perawatan Payudara dan Puting Gatal 

Ada banyak orang mungkin termasuk Anda, yang sering mengobati dan mencegah gatal payudara di rumah. Seperti pada kulit kering yang menyebabkan gatal dengan mencoba memberikan seperti 

  • Memakai tabir surya 
  • Memakai pelembab tidak bahan dasar minyak
  • Tetap terhidrasi
  • Payudara dijaga tetap bersih dan kering 
  • Menggunakan produk parfum termasuk kirm dan deterjen tanpa pewangi. 

Apabila terjadi reaksi alergi yang terasa gatal, maka Anda bisa dapat mencoba identifikasi sumber dari iritasi dan menghindari paparannya. 

Ada berbagai perawatan payudara yang gatal bisa Anda lakukan, seperti menggunakan salep seperti pramoxine, yang membuat kulit mati rasa, atau hidrokortison, yang mengurangi rasa gatal dan bengkak.

Antihistamin adalah pilihan pengobatan lain yang mungkin. Beberapa contoh termasuk:

  • difenhidramin (Benadryl)
  • cetirizine (Zyrtec)
  • loratadin (Claritin)
  • fexofenadine (Allegra)

Antihistamin bisa menekan sistem kekebalan terhadap alergi, Anda dapat menggunakannya dengan di minum atau dalam bentuk krim dan salep.

Pencegahan dan Kebersihan 

Apabila payudara Anda gatal disebabkan karena kulit kering, dengan terbiasanya perawatan kulit yang baik, bisa membantu meredakannya gatal tersebut. Penting untuk merawat payudara Anda agar bisa mencegah kondisi yang lebih parah seperti infeksi jamur pada area tertentu. 

Caranya yaitu dengan mencuci dan keringkan secara seluruhnya, pakai sabun yang lembut untuk membersihkan kulit Anda, serta keringkan area pada bawah payudara dengan baik agar bisa mencegah kelembaban pada payudara Anda. 

Gunakan pelembab bebas dari pewangi agar bisa mencegah gatal pada kulit kering pada payudara atau bagian lainnya pada kulit Anda. 

Ganti produk perawatan kulit Anda yang beraroma kuat dan mengandung natrium lauril sulfat, produk tersebut bisa membuat kulit Anda kering serta mengiritasi payudara Anda. Cari produk untuk kulit yang sensitif. 

Kapan Harus Pergi Kedokter

Jika payudara Anda mengalami kulit kering atau payudara yang tumbuh yang menyebabkan gatal. Hal itu tidak perlu memerlukan pemeriksaan dokter. Tetapi Anda harus tetap bertemu dengan dokter apabila terjadi gejala sebagai berikut : 

  • Gatal yang cukup lama lebih dari seminggu 
  • Rasa gatal yang parah 
  • Payudara dan puting gatal, terutama jika terdapat nyeri, bengkak serta rasa gatal 
  • Adanya ruam pada diantara dibawah payudara gatal yang tidak menghilang dengan pengobatan rumahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *