Promo USG 4D, Berisiko kah?

Promo USG 4D

Ultrasound untuk keperluan diagnosis, juga dikenal dengan sebutan sonography atau sonography medis diagnostik, merupakan metode pencitraan yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk memproduksi gambar struktur yang ada di dalam tubuh Anda. Gambar tersebut dapat menyediakan informasi yang sangat penting untuk keperluan diagnosis dan perawatan berbagai macam penyakit dan kondisi kesehatan. Kebanyakan pemeriksaan ultrasound dilakukan menggunakan alat ultrasound di luar tubuh, namun ada beberapa yang melibatkan memasukkan alat ke dalam tubuh. Ada banyak promo USG 4D saat ini apabila Anda perlu mendapatkan pemeriksaan ultrasound. 

Untuk apa dan adakah risikonya?

Jika Anda tertarik dengan promo USG 4D, Anda perlu tahu untuk metode pemeriksaan ini dilakukan. Pada dasarnya, ultrasound dilakukan untuk berbagai alasan, seperti untuk melihat rahim dan ovarium pada saat kehamilan dan memantau perkembangan kesehatan bayi, mendiagnosa penyakit kantong empedu, mengevaluasi aliran darah, sebagai panduan penggunaan jarum untuk biopsy atau perawatan tumor, pemeriksaan benjolan di payudara, memeriksa kelenjar thyroid, mendeteksi masalah alat kelamin dan prostat, memeriksa peradangan pada persendian, dan mengevaluasi penyakit tulang metabolis. 

Ultrasound diagnostik merupakan sebuah prosedur yang aman karena menggunakan gelombang suara berkekuatan rendah. Tidak ada risiko yang diketahui untuk pemeriksaan ini. Sehingga, apabila Anda menemukan promo USG 4D, tidak ada salahnya untuk mendapatkannya segera. Namun, meskipun ultrasound merupakan sebuah alat diagnosis yang sangat berharga, metode ini memiliki batasannya sendiri. Suara tidak dapat menembus dengan baik melewati udara atau tulang, sehingga ultrasound tidak efektif dalam memindai bagian tubuh yang berisi gas dan udara di dalamnya atau tersembunyi di balik tulang, contohnya paru-paru dan kepala. Untuk melihat bagian tubuh tersebut, dokter akan merekomendasikan teknik pemindaian lain, seperti CT scan, MRI scan, atau pun sinar-X. 

Perlukah persiapan khusus?

Kebanyakan pemeriksaan ultrasound tidak membutuhkan persiapan apapun. Namun, ada beberapa pengecualian apabila:

  • Untuk beberapa pemindaian, misalnya ultrasound kantong empedu, dokter dapat meminta Anda untuk tidak makan atau minum selama beberapa waktu sebelum pemeriksaan dilakukan. 
  • Lain-lain, misalnya ultrasound panggul, membutuhkan kandung kemih yang penuh. Dokter akan memberitahu Anda seberapa banyak Anda perlu minum sebelum pemeriksaan dilakukan. Jangan buang air kecil sebelum pemeriksaan selesai dilakukan. 
  • Anak-anak mungkin membutuhkan pemeriksaan khusus. Saat menjadwalkan pemeriksaan ultrasound untuk Anda atau anak, dokter akan memberitahu instruksi khusus yang perlu Anda ikuti. 

Pada saat prosedur berlangsung, gel akan dioleskan di kulit di atas daerah yang diperiksa. Gel tersebut akan membantu mencegah terjadinya kantung udara, yang mana dapat menghambat gelombang suara untuk menciptakan gambar yang jelas. Gel yang terbuat dari air tersebut sangat mudah dibersihkan dari kulit ataupun pakaian, sehingga Anda tidak perlu khawatir. 

Seorang tenaga ahli, yang dikenal dengan sebutan sonographer, akan menekan sebuah alat kecil yang disebut transducer pada daerah yang sedang diperiksa dan dipelajari dan menggerakkanya sesuai yang dibutuhkan untuk menangkap gambar. Alat transducer tersebut akan mengirim gelombang suara ke dalam tubuh, dan mengumpulkan gelombang yang terpantul kembali, dan mengirimnya ke komputer yang akan menciptakan gambar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *