Prosedur dan Biaya Scaling Gigi

Biaya scaling gigi terbilang cukup murah. Dengan manfaat yang dimilikinya, scaling gigi tidak hanya dapat membuat senyum Anda lebih indah, tetapi juga dapat mencegah komplikasi penyakit mulut dan gigi yang berbahaya. Namun, apa sesungguhnya prosedur scaling ini? Scaling gigi sering dilakukan untuk membantu pasien dengan penyakit gusi dan penumpukan plak berlebih. Ini adalah jenis prosedur pembersihan gigi yang akan membersihkan garis gusi dan mengangkat penumpukan plak berlebih. Proses scaling gigi dan root planing sering dikenal dengan sebutan “deep cleaning”. Perawatan yang didapatkan melebihi perawatan pembersihan pada umumnya yang Anda dapatkan pada saat pemeriksaan rutin dan kunjungan tahunan. 

Setiap orang pasti mengalami adanya penumpukan plak. Air liur, bakteri, dan protein di dalam mulut membentuk lapisan tipis yang menutupi gigi hampir setiap waktu. Saat Anda makan, partikel kecil, asam, dan gula dalam makanan akan menempel pada lapisan tipis tersebut, menciptakan penumpukan pada gigi yang dikenal dengan sebutan plak. Bakteri yang hidup pada plak tersebut dapat menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlbungan. Menyikat gigi dan melakukan flossing dengan rutin, serta melakukan pembersihan scaling gigi dengan teratur dapat membantu membersihkan plak tersebut dan mencegah masalah serius terjadi pada mulut dan gigi Anda. Scaling gigi bisa dilakukan di klinik gigi terdekat Anda, dengan biaya scaling gigi yang relatif cukup terjangkau. 

Jika Anda memiliki gusi yang sehat, jaringan akan menempati sekitar gigi dengan pas dan menjaga plak agar tidak menyerang. Akan tetapi, apabila penyakit gusi mulai terbentuk, jaringan akan kendur. Gusi yang sehat akan menempel pada gigi 1-3 mm di bawah garis gusi. Dengan adanya penyakit gusi, Anda akan mengembangkan “kantung” yang lebih dalam. Kantung tersebut dapat terisi plak, yang kemudian akan memperburuk kondisi kesehatan mulut dan gigi dan menyebabkan berbagai macam gejala seperti bau mulut yang tidak sedap. Jika Anda memiliki kantung 4 mm atau lebih, dokter gigi akan merekomendasikan scaling gigi untuk membersihkan plak di bawah garis gusi dan membantu merawat penyakit gusi. 

Prosedur

Scaling gigi melibatkan plak dan bakteri dari permukaan gigi yang berada di bawah garis gusi. Ada dua metode dasar scaling gigi. Jika dokter gigi menggunakan alat genggam, ia akan mengikis plak dari gigi menggunakan alat logam yang dikenal dengan sebutan dental scaler atau curette. Dokter gigi kemudian akan memasukkan alat tipis di bawah garis gusi untuk membersihkan plak yang sikat gigi tidak dapat jangkau. Dokter gigi juga dapat menggunakan alat ultrasonic untuk melakukan scaling gigi. Alat ini memiliki ujung bergetar yang dikombinasikan dengan semprotan air dingi. Bagian ujung akan mengikis karang gigi dan air akan membersihkan kantung gusi. Scaling gigi biasanya akan diikuti dengan sebuah prosedur yang dikenal dengan sebutan root planing. Prosedur ini akan mencapai lebih dalam untuk mengatasi masalah yang ada pada akar gigi. Prosedur ini mirip dengan scaling gigi. Root planing akan menghaluskan permukaan akar gigi sehingga gusi dapat menempel dengan baik. 

Scaling gigi merupakan sebuah prosedur dengan tingkat risiko yang rendah. Biaya scaling gigi pun relatif terjangkau, sehingga sangat dianjurkan untuk Anda untuk mendapatkan prosedur ini dengan rutin. Gigi Anda mungkin akan terasa nyeri dan sensitif setelah scaling gigi dan root planing dilakukan, namun rasa tidak nyaman tersebut hanya akan terjadi secara sementara. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *