Selain Suplemen Vitamin C, Dapatkan Vitamin C dari Ini

suplemen vitamin c

Manfaat vitamin C sangat besar bagi tubuh Anda. Vitamin yang tergolong sebagai antioksidan ini bisa membuat imunitas tubuh lebih prima sehingga Anda tidak mudah jatuh sakit. Berbagai risiko penyakit kronis, seperti hipertensi, penyakit jantung, sampai kanker pun bisa dikurangi dengan memastikan kebutuhan vitamin C harian terpenuhi dengan baik tiap harinya. 

Tubuh manusia tidak bisa memproduksi ataupun menyimpan vitamin C sehingga Anda mesti mengasupnya sendiri lewat suplemen vitamin C maupun makanan yang kaya jenis vitamin esensial yang satu ini. Di mana kebanyakan makanan yang tinggi vitamin C dapat Anda peroleh dari buah-buahan serta sayuran. 

Beriku ini adalah berbagai jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin C. Apakah ada beberapa jenis makanan di bawah ini yang sering Anda konsumsi? 

Jambu Biji 

Tidak sulit menemukan jambu biji di daerah tropis seperti Indonesia. Buah asal Amerika Selatan ini menjadi salah satu sumber vitamin C yang bisa Anda peroleh. Bayangka saja, dalam satu jambu biji, Anda bisa mendapatkan vitamin C sebanyak 126 miligram. Jumlah ini setara dengan 140 persen kebutuhan harian vitamin C yang dianjurkan. 

Paprika Merah 

Suka makan salad dengan campuran paprika merah? Beruntunglah Anda karena ini berarti Anda bisa mendapatkan kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam tiap setengah cangkir paprika merah, Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C sampai dengan 96 miligram. Ini sudah memenuhi kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan. Selain vitamin  C, parika merah juga kaya akan vitamin A, B, E, dan K, kalium, folat, mangan, fosfor, dan magnesium; sangat lengkap, bukan?  

Pepaya 

Pepaya kerap disebut sebagai buah yang bisa mengatasi sembelit. Namun sesungguhnya, manfaat pepaya jauh lebih daripada itu. Soalnya, pepaya termasuk buah yang sangat tinggi vitamin C. Anda bisa mendapatkan sekitar 87 miligram vitamin  C atau setara 97 persen kebutuhan harian yang dianjurkan dalam tiap 150 miligram pepaya. Karena alasan inilah, pepaya sangat diandalkan untuk mencegah peradangan dalam tubuh. 

Lemon 

Banyak suplemen vitamin C yang dibuat dari ekstrak lemon. Ini karena buah lemon sendiri sangat kaya akan vitamin C. Satu buah lemon mentah termasuk kulitnya bisa menyediakan 83 miligram vitamin C. Ini setara dengan 92 persen kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan. 

Kiwi 

Tahu tidak, satu buah kiwi ukuran sedang ternyata mengandung 71 miligram vitamin C. Jumlah ini setara dengan 79 persen kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan. Jumlah ini bahkan lebih besar daripada kandungan vitamin C pada buah jeruk yang selama ini kerap diidentikkan sebagai sumber terbaik untuk vitamin C. 

Jeruk 

Satu buah jeruk biasa mengandung vitamin C sampai 70 miligram. Jumlah ini setara dengan 78 persen kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan. Ini berlaku untuk berbagai jenis jeruk mulai dari jeruk mandarin bahkan sampai jeruk bali sekalipun. 

Kale 

Kale merupakan sayuran terbaik untuk mendapatkan vitamin C. Dalam tiap cangkir jenis sayuran silangan ini, Anda bisa memperoleh vitamin C sebanyak 80 miligram. Jumlah ini setara dengan 89 persne dari kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan. Untuk mendapatkan vitamin C yang tinggi, sebaiknya Anda mengonsumsinya secara mentah karena merebus ataupun mengukusnya bisa mengurangi bahkan menghilangkan kadar vitamin C di sayuran berdaun hijau ini. 

Kira-kira jenis buah dan sayuran apa yang paling Anda suka dari pilihan di atas? Jika memang tidak terlalu suka buah dan sayur, Anda bisa menjadikan suplemen vitamin C sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan harian. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *