Susu Enfamil dan Cara Membuat Susu Formula yang Benar

susu enfamil

Susu Enfamil termasuk dalam susu formula untuk bayi yang nutrisinya mendekati nutrisi air susu ibu (ASI). Dalam susu formula ini, terdapat kandungan DHA dan ARA, prebiotik GOS, juga polidekstros. Belum lagi sejumlah vitamin dan mineral penting yang ampuh untuk mendukung perkembangan otak anak, sekaligus pertumbuhan fisik bayi. 

Namun tentunya, beragam manfaat dari susu Enfamil akan sia-sia jika Anda salah dalam membuatnya. Manfaatnya buat sang buah hati pun menjadi tidak maksimal, meskipun Anda sudah memberikan susu formula terbaik yang nutrisinya mendekat ASI ini. 

Supaya tidak terjadi demikian, yuk mulai bijak dalam membuat susu formula yang benar, tidak terkecuali dalam membuat susu Enfamil.  Berikut ini adalah tahapan membuat susu formula yang benar agar manfaat dari susu itu pun bisa keluar optimal untuk si kecil. 

Periksa Tanggal Kedaluwarsa 

Pastikan dahulu susu formula yang hendak disajikan kepada sang buah hati aman dan masih baik digunakan. Anda bisa mengecek tanggal kedaluwarsa pada kemasan susu formula tersebut. Jika memang tanggal kedaluwarsanya sudah lewat, jangan berpikiran untuk mencobakannya kepada si kecil karena akan berbahaya dan manfaatnya tentu tidak ada. Sebaiknya pula, Anda membeli susu formula dengan tanggal kedaluwarsa yang masih lama agar tidak sia-sia. 

Cuci Tangan Terlebih Dahulu 

Tangan adalah pusat penyebaran kuman dan bakteri. Supaya bakteri-bakteri tersebut tidak berpindah ke anak Anda lewat susu yang Anda siapkan, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memulai proses membuat susu. Jangan lupa gunakan sabun antibakteri ketika mencuci tangan. Pastikan pula Anda melakukan prosedur cuci tangan sesuai anjuran World Health Organization. 

Masak Air Segar 

Kini saatnya Anda menyiapkan air panas untuk membuat susu Enfamil bagi bayi Anda. Lebih baik Anda menggunakan air segar, kemudian memasaknya hingga matang. Jangan menggunakan air yang sudah direbus sebelumnya karena bisa menghasilkan kandungan kimia mulai daru fluoride, nitrat, sampai arsenik. Khusus untuk arsenik, bahan kimia ini bisa menimbulkan efek keracunan ataupun melemahkan fisik secara perlahan. 

Diamkan Beberapa Waktu 

Apakah setelah air mendidih, Anda bisa langsung mencampurkannya dengan susu formula? Sebaiknya jangan. Lebih bijak jika Anda membiarkan air tersebut sekitar 15 terlebih dahulu hingga suhunya minimal 70 derajat Celsius. Ini merupakan kadar suhu yang tepat untuk melarutkan susu formula, tanpa menghilangkan manfaat vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. 

Sterilkan Botol 

Sembari menunggu air mendidih ke suhu yang ideal, kini saatnya Anda menyiapkan botol susu si kecil. Sebaiknya, sterilkan terlebih dahulu botol, dot, hingga tutupnya dengan merebusnya sekitar 5 menit. Anda juga bisa menggunakan kantong sterilisasi untuk mensterilkan botol susu sang buah hati. 

Buat Ukuran Sesuai Instruksi 

Saatnya mencampurkan air panas dengan susu Enfamil. Pastikan Anda mengikut instruksi pabrik mengenai perbandingan jumlah susu dengan air yang ideal. Hati-hati mengukur jumlah air dan susu formula yang Anda tambahkan. Terlalu banyak air dapat menyebabkan susu formula gagal memenuhi kebutuhan nutrisi bayi Anda. Sementara itu, terlalu sedikit air dapat menyebabkan bayi mengalami dehidrasi. 

Kocok Sampai Merata 

Saat mencampurkan susu dan air, pastikan air yang masuk ke dalam botol terlebih dahulu, baru Anda menambahkan susu formula bubuk di atasnya. Baru setelah itu, kocok sampai merata dan pastikan tidak ada bagian susu yang menggumpal. 

Berikan dengan Suhu Tertentu 

Bukan berarti ketika susu selesai dicampur ke air panas maka siap diberikan kepada bayi. Anda mungkin perlu mendiamkannya beberapa saat lagi. Pasalnya, suhu ideal untuk sebuah minuman bisa dikonsumsi bayi adalah 37 derajat Celsius. Supaya lebih cepat pendinginannya, Anda bisa menaruh racikan susu formula tersebut pada wadah air dingin selama 1 menit. 

Kini racikan susu Enfamil siap diberikan kepada anak Anda. Pastikan penggunaan susu Enfamil yang Anda berikan memang sesuai indikasi bahwa ASI tidak mencukupi untuk kebutuhan anak. 

Reference 

https://toko.sehatq.com/produk/enfamil-a-1-usia-0-6-bulan-kaleng-400-g
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-formula/art-20045791
https://parenting.firstcry.com/

https://www.similac.com/baby-feeding/formula-guide/how-to-make-a-bottle.html https://www.nhs.uk/conditions/baby/breastfeeding-and-bottle-feeding/bottle-feeding/making-up-baby-formula/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *