Tahukah Anda Apa Saja Manfaat Paprika Kuning Untuk Tubuh?

Paprika memiliki bentuk seperti tomat namun memiliki rasa manis dan agak pedas seperti cabai meskipun tentu saja rasa pedasnya tidak sengeri dan sedahsyat cabai. Berwarna terang dan sangat cantik dengan 3 variasi warna yaitu hijau, merah, dan kuning serta berwana ungu hingga coklat ketika sudah membusuk. Buah yang memiliki nama latin capsicum annuum L ini termasuk suku terong-terongan dan sering diolah sebagai sayuran dalam tumisan atau campuran salad, bisa juga diolah dengan cara lain seperti dipanggang, dikukus, direbus, atau dibakar.

Paprika kuning merupakan jenis buah paprika yang dipetik saat pertengahan masa panen ketika buahnya belum matang betul sehingga rasanya tidak semanis paprika merah dan kandungan nutrisinya juga lebih sedikit dari paprika merah namun masih lebih banyak dari paprika hijau. Karena dipetik pada pertengahan masa panen maka daging buahnya cukup tebal sehingga lebih enak dikonsumsi daripada paprika hijau.

Meski tidak terlalu mudah untuk mendapatkannya jika dibandingkan dengan paprika merah, nyatanya paprika kuning memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Apakah Anda tahu manfaat paprika kuning itu apa saja? Jika belum tahu, berikut ini beberapa manfaat paprika kuning.

  1. Meningkatkan sistem imun

Tanpa kita sadari ada berbagai macam kuman penyakit, bakteri, dan virus di sekitar kita. Meskipun sudah berupaya hidup sebersih dan sehigienis mungkin tetap saja selalu ada kemungkinan kita terkontaminasi berbagai sumber penyakit tersebut. maka dari itu cara paling efektif menjaga kesehatan adalah dengan meningkatkan sistem imun. Dengan sistem imun yang baik maka tubuh kita akan memiliki daya tahan yang lebih baik sehingga tidak mudah terserang penyakit. 

  1. Menangkal radikal bebas

Dengan kandungan antioksidan dan vitamin C yang dimilikinya konsumsi buah paprika kuning dapat membantu tubuh kita menangkal berbagai radikal bebas di sekitar kita yang berpengaruh buruk bagi kesehatan seperti kanker, serangan jantung, serta penurunan fungsi ginjal. 

  1. Mencegah penuaan dini

Berbagai faktor seperti polusi dan gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini. Untuk mencegah hal tersebut dibutuhkan antioksidan yang cukup oleh tubuh yang bisa kita dapatkan dari buah paprika kuning.

  1. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Berbagai informasi kesehatan sering menyebutkan efek buruk dari tingginya kadar kolesterol dalam darah. Untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh kita bisa mendapatkan manfaat paprika kuning, sudah enak menyehatkan pula.

  1. Mencegah diabetes

Meskipun meiliki rasa manis namun paprika kuning tidak mengandung gula yang berlebihan sehigga aman dari diabetes.

  1. Kesehatan mulut

Dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi buah paprika kuning sangat baik bagi kesehatan mulut, baik lidah, gigi, kulit di dalam mulut, dan gusi sehingga kita akan terhindar dari berbagai penyakit mulut seperti sariawan dan abses gusi.

  1. Kesehatan mata

Vitamin A yang terdapat dalam paprika kuning juga sangat baik untuk kesehatan mata sehingga penglihatan kita semakin baik dan tajam.

  1. Merilekskan syaraf

Dengan mengonsumsi paprika kuning juga dapat membuat syaraf-syaraf dalam tubuh lebih rileks sehingga menghindarkan kita dari berbagai penyakit syaraf.

  1. Membantu menyehatkan kulit

Konsumsi buah paprika kuning juga dapat membantu menyehatkan kulit. Kulit akan terlihat sehat dan indah serta tidak kusam dan kering.

Untuk mendapatkan seluruh manfaat paprika kuning secara maksimal sebaiknya kita lebih cermat dalam memilih buah yang akan dikonsumsi. Pilihlah paprika yang kulitnya masih kencang dan bercahaya, tidak ada cacat, batang buah masih utuh, serta sesuai antara bobot dan ukurannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *